English English Indonesian Indonesian
oleh

Belgia vs Kanada: Manfaatkan Absennya Romelu Lukaku

FAJAR, AL RAYYAN—Belgia akan berduel dengan Kanada di laga pembuka Grup F Piala Dunia 2022, dini hari nanti. Keberanian Pelatih Belgia, Roberto Martinez untuk berjudi dalam pemilihan starter akan diuji di Stadion Ahmad bin Ali.

Posisi yang membuat Martinez harus memutar otak adalah lini serang. Romelu Lukaku seperti diketahui dipastikan akan absen di pertandingan ini. Sementara Michi Batshuayi sempat mengalami cedera pada laga uji coba terakhir kontra Mesir.

Dengan demikian, Lois Openda menjadi striker paling siap. Hanya saja, penyerang muda Lens itu  sangat minim pengalaman internasional. Sejauh ini, ia baru memiliki lima caps.

Meski begitu, Openda cukup bisa diandalkan. Dalam lima caps itu, ia mencetak dua gol. Termasuk satu gol ke gawang Mesir saat mereka kalah 1-2 akhir pekan lalu.

Selain ujung tombak, Pelatih Roberto Martinez juga mungkin perlu bersiap untuk mengantisipasi tidak maksimalnya Eden Hazard. Sepanjang musim ini, ia nyaris tidak bermain di Real Madrid.

Leandro Trossard, Dries Mertens, atau bahkan pemain muda seperti Charles De Ketelaere mungkin perlu diberi kepercayaan lebih untuk membantu Kevin de Bruyne. Sang pelatih bisa belajar dari kekalahan mereka menghadapi Mesir.

Martinez sendiri mengakui bahwa hasil minor kontra Mesir memang menjadi warning bagi timnya. “Kita harus melihat pertandingan ini (melawan Mesir) terutama sebagai peringatan,” kata sang pelatih dikutip dari Reuters.

Menurut Martinez, mereka harus berbenah. “Kami tidak bisa berharap untuk menang di Piala Dunia jika kami tidak dalam kondisi terbaik kami. Mentalitas harus diubah,” tegasnya di Kingfut.

Kanada yang kembali ke panggung besar setelah Piala Dunia 1986 sementara itu berharap bisa memanfaatkan kondisi Belgia. Gelandang Kanada, Jonathan Osorio mengatakan, absennya Lukaku merupakan dorongan bagi timnya meski masih banyak ancaman lain dari tim Setan Merah.

“Kami tahu bahwa mereka memiliki pemain berkualitas dan siapa pun yang mereka tampilkan di lapangan, itu akan berkualitas dan mereka akan berusaha mempersulit kami. Kami akan siap untuk siapa pun yang melangkah di lapangan,” katanya.

Bagi Osorio, ini kesempatan terbaik mencatatkan hasil positif setelah di partisipasi Kanada sebelumnya di Piala Dunia Meksiko mereka gagal meraih kemenangan dan mencetak gol di tiga laga.

“Kami ingin menunjukkan bahwa kami adalah bangsa sepak bola dan kami bisa bersaing dengan yang terbaik di dunia,” tegas Osorio.

Pelatih Kanada, John Herdman hanya mengkhawatirkan kesiapan Alphonso Davies. Bek sayap Bayern Munchen itu mengalami cedera hamstring dua minggu lalu dan masih diragukan untuk laga ini.

Kapten tim Atiba Hutchinson sementara itu dipastikan siap memainkan laga ke-99-nya untuk Kanada. Demikian juga dengan bintang-bintang Eropa mereka termasuk Jonathan David. (amr)

Prakiraan Pemain

Belgia (3-4-2-1): Courtois; Alderweireld, Vertonghen, Debast; Meunier, Tielemans, Witsel, Castagne; De Bruyne, E Hazard; Openda

Kanada (5-3-2): Borjan; Laryea, Johnston, Steven Vitoria, K Miller, Adekugbe; Buchanan, Hutchinson, Eustaquio; David, Larin

Kamis, 24 November: 03.00 WITA – Belgia vs Kanada | SCTV | Vidio.com | Moji TV

News Feed