English English Indonesian Indonesian
oleh

Ikut BIM, FT Unhas Siap Hadapi Era Revolusi 4.0

FAJAR,MAKASSAR– Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (Unhas) memantapkan diri siap menghadapi persaingan era Kontruksi 4.0. Mempersiapkan hal tersebut, FT Unhas bekerja sama dengan Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makassar, menyelenggarakan Pelatihan Building Information Modelling (BIM). Dilaksanakan selama 6 hari, 26 September-1 Oktober 2022.

Dekan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin, Prof Muhammad Isran Ramli, mengatakan BIM merupakan jawaban atas tantangan di Era Revolusi 4.0 atas kebutuhan tenaga ahli di era digitalisasi. “BIM memungkinkan pelaku yang terlibat dalam suatu proyek bekerja secara kolaborasi,” ucapnya.

Hal ini kata Prof Isran, membuatnya lebih dahulu menerjunkan mahasiswa FT Unhas, sehingga bisa mengoptimalkan produktivitas SDM dan kegiatan proyek secara cepat, tepat, akurat, efektif, dan efisien selama proses umur siklus bangunan. “Sebetulnya keterlibatan FT Unhas pada implementasi BIM tersebut, sudah berlangsung sejak 2018. Waktu itu, atas dukungan Kementerian PUPR, lebih dari 20 dosen FT Unhas mengikuti ToT BIM,” ucapnya

Kepala Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makassar, Ismail Abdul Muttalib, menyebut kegiatan ini diikuti oleh 2000 peserta dari berbagai kampus. Salah satunya FT unhas yang dipilih di Sulsel. Mendapat giliran di bulan september hingga Oktober.

“Kami lakukan secara bertahap hingga November 2022. Pada batch 1 ini, jumlah peserta yang terlibat adalah 550 orang. Seluruh peserta yang lulus akan mendapat sertifikat dari Trimble untuk level intermediate,” ucapnya.

News Feed