English English Indonesian Indonesian
oleh

UT Tingkatkan Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh

FAJAR,MAKASSAR–Universitas Terbuka (UT) Makassar sangat identik dengan perkuliahan jarak jauh. Demi meningkatkan efektivitas pembelajaran jarak jauh ini, maka Sentra Layanan Universitas Terbuka (SaLUT) se-Sulawesi selatan serentak menggelar Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ) berbentuk Workshop Tugas Klinik dan Ujian, Sabtu, 24 September. 

Tema yang di usung dalam Workshop ini adalah “Sukses Menjadi Pembelajar Jarak Jauh yang Tangguh”. Direktur UT Makassar, Drs Hasanuddin MSi, menjelaskan bahwa saat ini telah hadir SaLUT pada delapan kabupaten dan kota se-Sulsel. Daerah yang telah berdiri SaLUT yakni di Bone, Wajo, Gowa, Jeneponto, Maros, Pangkep, dan Palopo. “Workshop tugas ini memberikan bimbingan akademik bagi mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan berbagai tugas akademik,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa tugas akademik itu antara lain seperti tutorial, Tugas Mata Kuliah (TMK), praktik/praktikum, Tugas Akhir Program (TAP), dan tugas pembelajaran lainnya. Hal ini agar mahasiswa memiliki strategi dalam mengerjakan tugas dengan baik.

Sementara itu klinik ujian memberikan bimbingan akademik bagi mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam menghadapi dan mengerjakan ujian (memiliki nilai mata kuliah kurang baik), sehingga memiliki strategi dalam mengerjakan ujian dengan sukses. “Pelaksanaan PKBJJ ini secara rutin dilaksanakan setiap kali mengawali tahun pengajaran baru di awal semester yang berjalan,” tandasnya.

Sementara itu, Marketing Eksekutif UT Makassar, Prof Abdul Rahman Rahim, mengatakan bahwa dirinya berharap semua mahasiswa UT yang tersebar di Sulawesi Selatan yang mengikuti workshop dapat terbantu dalam mengikuti pembelajaran jarak jauh. “Kendala yang dihadapi mahasiswa dalam perkuliahan jarak jauh dapat selesai, dimanapun berada,” kuncinya. (mia)

News Feed