English English Indonesian Indonesian
oleh

7.459 Mahasiswa Baru Ikut BALANCE, Unhas Tanamkan Karakter MARITIM

FAJAR, MAKASSAR-Universitas Hasanuddin (Unhas) melalui Bidang Akademik dan Kemahasiswaan melaksanakan kegiatan Basic Learning Skills, Character and Creativity (BALANCE) tahun 2022. BALANCE merupakan salah satu program penerimaan mahasiswa baru di Universitas Hasanuddin.  

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi salah satu pintu masuk mahasiswa baru Unhas untuk beradaptasi dengan kehidupan kampus.  Selain itu, BALANCE juga dimaksudkan sebagai salah satu fasilitas untuk mahasiswa Unhas dalam mengembang karakter dan soft skills, sehingga dapat menjadi insan cendikia yang memiliki integritas, inovatif, katalitis, arif, dan berjiwa patriotik.

BALANCE mulai dilaksanakan setiap hari Sabtu mulai tanggal 27 Agustus 2022 sampai Sabtu 1 Oktober 2022. Metodenya bauran.

Rektor Unhas Prof Jamaluddin Jompa yang memberikan sambutan melalui video yang ditampilkan pada setiap kelas sebelum materi dimula mengungkapkan, “BALANCE 2022 ini diharapkan akan memberikan mahasiswa pengetahuan, mengembangkan karakter manusiawi, arif, religius, beintegritas, tangguh, inovatif dan mandiri, serta keterampilan dasar belajar yang dibutuhkan selama menempuh pendidikan di Universitas Hasanuddin.

“Intervensi yang akan diberikan ini dirancang sedemikian rupa, sehingga efektif untuk membantu mahasiswa memasuki dunia kampus dan disesuaikan dengan metode pembelajaran virtual dan karakter mahasiswa milenial,” ujar Rektor yang disapa Prof JJ ini.

Terpisah Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof Muhammad Ruslin mengatakan BALANCE 2022 diikuti oleh 7.459 orang peserta. Ada 198 dosen yang menjadi instruktur BALANCE. Semuanya adalah dosen dari seluruh Fakultas yang ada di Unhas.

Kegiatan ini juga dibantu oleh 207 mentor yang merupakan mahasiswa dari perwakilan Ormawa dan mahasiswa berprestasi Unhas. Mentor-mentor ini juga berasal dari seluruh Fakultas yang ada di Unhas.

“Jadi sebelum para dosen ini menjadi instruktur dan mahasiswa senior menjadi mentor dalam kegiatan BALANCE mereka mengikuti TOT selama tiga hari yang dilaksanakan oleh Pokja BALANCE yang telah dibentuk sebelumnya,” ungkapnya.

TOT itu kata dia, agar nantinya para instruktur dan mentor bisa saling berkolaborasi agar tercipta suasana dalam kelas yang menyenangkan. “Dan tujuan dari pemberian materi tersampaikan dengan baik dan tidak membosankan,” tuturnya.

BALANCE adalah ajang untuk mengenalkan Unhas lebih dekat dan ajang untuk bersatu dalam ke-Unhasan.  Pada kegiatan ini, peserta akan merasakan pengalaman beraktivitas di Fakultas selain di Fakultasnya sendiri. Peserta akan berinteraksi dengan teman-teman dari berbagai Program Studi yang ada di Unhas.

“Kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat ke-Unhas-an berkarakter MARITIM (Mandiri, Arif, Religius, Integritas, Tangguh, Inovatif dan Mandiri) di jiwa mahasiswa baru,” pungkas Prof Ruslin.

                Ketua Pokja BALANCE, Ira Taskirawati mengatakan, kegiatan BALANCE 2022 dilakukan dengan metode bauran. Ada tiga sesi pertemuan yang dilakukan secara luring dan tiga sesi pertemuan secara daring.

Ada 15 materi yang akan disampaikan pada kegiatan ini, antara lain : Saya dan Unhas, Karakter Unhas, Motivasi dan Adaptabilitas, Kepemimpinan Diri, Berkolaborasi dan Bekerjasama serta Berpikir Kreatif. Kegiatan ini dilaksanakan di seluruh Fakultas yang ada di Unhas baik yang berada di Kampus Tamalanrea maupun Kampus Gowa.

Khusus mahasiswa vokasi yang berada di luar Makassar dan Gowa, kegiatan BALANCE tetap akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2022 bertempat di kampus vokasi yang ada di Barru, Sidrap, Soppeng dan Selayar.

Direktur Kemahasiswaan dan Penyiapan Karier Unhas, Abdullah Sanusi saat melakukan pemantauan di setiap Fakultas mengharapkan kegiatan ini dapat berjalan lancer. Sebanyak 12 klaster dibentuk menjadi kelas-kelas untuk mahasiswa baru. Dalam satu kelas berisi hampir semua mahasiswa baru Unhas di kampus Tamalanrea.

Untuk Fakuktas Teknik dikhususkan hanya untuk mahasiswa Fakultas Teknik saja. “Kejauhan kalau harus ke Tamalanrea begitu juga kalau mahasiswa di Tamalanrea harus ke Fakultas Teknik, jadi dosen-dosen yang jadi instruktur saja dari tiap Fakultas ditugaskan ke Fakultas Teknik yang belokasi di Kab Gowa,” bebernya. Ia juga menyampaikan apresiasi kepada tim pokja Balance dan seluruh pimpinan unit kerja yang terlibat dalam membantu menyukseskan kegiatan itu. (*/ham)

News Feed