English English Indonesian Indonesian
oleh

Perjalanan ke Tangkuban Perahu

OLEH: Rismayanti, Sekretaris Departemen Sastra Indonesia Unhas

Tak selalu tentang materi, namun keceriaan hadir dari senda gurau yang tercipta dari kebersamaan.

Gedung-gedung yang berlomba-lomba menjulang tinggi di Jakarta serta pesona keindahan alam kota Bandung melengkapi kebahagiaan perjalanan dosen-dosen Sastra Indonesia. Kunjungan ini dalam rangka Departemen Sastra Indonesia menjalin kerja sama. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan, yaitu Lokakarya dalam meningkatkan jaringan kerja sama lembaga pemerintah. Kaitannya pula dengan rangkaian Program Capaian Indikator Kerja Utama (PC/IKU).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh sejumlah dosen Departemen Sastra Indonesia dan nara sumber kami ada dari Pembinaan dan Pengembangan Bahasa yang berbicara tentang kerja sama Uji Kompetensi Bahasa Indonesia (UKBI), Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA), Dr. Obing Katubi (Badan Riset dan Inovasi Nasional – BRIN) tentang kerja sama Riset BRIN, dan Prof. Seung Won Song, Ph.D dari Korea yang berbicara mengenai Pengajaran Pertukaran Mahasiswa, Penelitian, Konferensi, dari Department Malay-Indonesia Interpretation and Translation Hankuk University of Foreign Studies Korea.

Hari berikutnya, pada tanggal 6 Agustus 2022. Kami mengunjungi wisata yang ada di kota Bandung. Cuacanya sangat cerah menambah semangat kami, bus wisata sudah menunggu di depan tempat kami menginap, Hotel Hyper Iin yang berada di Jalan Pasir Kaliki (Paskal). Tempat wisata pertama yang kami kunjungi, Tangkuban Perahu yang berada di Lembang. Sekitar dua jam perjalanan karena hari libur, kami sedikit menemui kemacetan.

News Feed