English English Indonesian Indonesian
oleh

Luhut Beri Kuliah Umum di FH Unhas, Paparkan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

FAJAR, MAKASSAR-Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan mengadakan kuliah umum di Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin dalam rangka Maritime Goes to Campus.

Kuliah umum dilaksanakan pada Jumat, 19 Agutus 2022 secara luring di gedung Baruga Prof. Dr. H. Baharuddin Lopa, S.H. dan daring melalui zoom meeting.

Kuliah umum tersebut turut hadir Rektor Universitas Hasanuddin Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc. Dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwasanya Unhas merupakan kampus yang senantiasa konsisten dalam menjadikan istilah MARITIM sebagai slogan Unhas.

“Universitas Hasanuddin adalah kampus yang secara konsisten menggunakan MARITIM sebagai slogan maupun visi dan misi kampus,” tuturnya.

Lebih lanjut, Prof. Jamaluddin Jompa berharap agar ke depannya Unhas bisa menjadi lebih maju lagi dengan tetap berasaskan benua maritim Indonesia.

Pada pemaparan materinya, Luhut Binsar Pandjaitan banyak menyampaikan data terkait pertumbuhan ekonomi Indonesia yang kian pesat selama fase pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) khususnya pada bidang ekspor.

“Ekspor mampu tumbuh tinggi, mendorong surplus neraca perdagangan selama 27 bulan berturut-turut. Hingga periode Juli 2022 Indonesia menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan ekspor tertinggi di dunia yaitu mencapai kurang lebih 31,8 persen berada satu tingkat di atas negara Malaysia,” ucapnya.

Selanjutnya, Luhut Binsar Pandjaitan juga menyampaikan bahwasanya tingkat inflasi dunia mengalami kenaikan yang cukup tinggi, Indonesia termasuk negara dengan inflasi yang cukup rendah yakni hanya 4,9 persen.

Ia berharap agar Indonesia tetap konsisten dalam memajukan perekonomiannya di masa pandemi Covid-19.

Tren positif yang terjadi hingga saat ini harus tetap dipertahankan, agar segala prospek pembangunan bisa berjalan dengan baik.

Kuliah umum tersebut dihadiri peserta luring kurang lebih 500 orang, dan daring kurang lebih 235 orang. Antusiasme terlihat dengan banyaknya peserta yang memberikan tanggapan dan pertanyaan pada forum tersebut. (*/ham)

News Feed