English English Indonesian Indonesian
oleh

77 Bendera Dijejer, Merah Putih Sepanjang 5.005 Meter Berkibar di Anjungan Bugis-Makassar

FAJAR, MAKASSAR-Perayaan Hari Kemerdekaan RI di Kota Makassar disemarakkan hadirnya bendera dengan panjang 5.005 meter. Perayaan itu di anjungan Bugis-Makassar, Pantai Losari, Rabu pagi.

Total ada sebanyak 77 bendera dijejerkan oleh Dinas Pemadam Kebakaran dan BPBD yang menutupi anjungan. Jika disambungkan panjang mencapai 5.005 meter.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto mengatakan, konsep ini adalah konsep baru. Ada makna mendalam dengan hadirnya bendera yang dijejerkan dan digerakkan layaknya ombak tersebut.

“Saya kira semangat persatuan dan kalau kita lihat seperti ombak tantangan ke depan tidak ringan, tapi semangat yang kuat, solidaritas yang kuat kita bisa mengarungi tantangan masa depan seperti ombak merah putih yang kita baru lihat tadi,” tutur Danny.

Ini juga menjadi makna penerangan kemajuan bangsa pascaditerpa pandemi selama dua tahun lebih.

Dia menjelaskan bendera-bendera tersebut juga dirajut atas sumbangan dari seluruh OPD di Kota Makassar.

“Makassar punya tradisi perayaan khas dan selalu baru dan original sehingga kita bisa lihat ini ide murni yang kemudian kita menyelimuti pelataran Bugis Makassar dengan 1000 orang dengan panjang total,” lanjut Danny.

Selain bentangan bendera, dalam HUT kali ini juga diramaikan dengan paduan suara perwakilan anak-anak SMP se-Kota Makassar. Mereka menggunakan baju adat suku-suku di Sulsel. Total ada sebanyak 500 anak yang terlibat dalam paduan suara tersebut. (an/*)

News Feed