English English Indonesian Indonesian
oleh

PNM Salurkan Program di Pinrang, Alat Produksi Usaha hingga Perbaikan Jalan

FAJAR, PINRANG– PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Cabang Makassar kembali menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang ada di Kabupaten Pinrang. Itu dilakukan sebagai bagian dari Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) insidentil Kementrian BUMN.

Bantuan tersebut menyasar dua wilayah dengan jenis bantuan berbeda. Alat produksi diberikan kepada Kelompok Usaha Bersama (KUB) Dapoer Naira, yang bergerak dalam produksi olahan sambal cumi, aneka ikan laut, juga udang, di BTN Graha Lasinrang Blok D/110, Kelurahan Benteng Sawitto, Kecamatan Paleteang, Pinrang.

Sementara bantuan lainnya berupa bahan bangunan pembuatan jalan rabat beton, yang diberikan kepada Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan (LKK) Kassa Kecamatan Batulappa, Pinrang.

Pemimpin PNM Cabang Makassar, Maimun Bakri mengatakan, bantuan tersebut diharapkan mampu memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan dan perkembangan usaha bagi kalangan masyarakat bawah.

”Semoga alat ini bisa meningkatkan produksi kelompok usaha bersama dapoer Naira, sehingga penjualan sambal meningkat dan memenuhi kebutuhan pasar. Tidak di Pinrang saja, tetapi sampai ke wilayah lain. Mudah-mudahan penghasilan dan kesejahteraan anggota KUB juga meningkat,” harapnya.

Begitu juga dengan bantuan material. Menurut Maimun, hal itu diharapkan bisa memberi akses jalanan yang lebih baik kepada masyarakat, khususnya dalam hal mobilitas sehari-hari.

”Dengan adanya bantuan pembuatan jalan rabat beton ini kami harapkan bisa memperlancar mobilitas masyarakat sekitar. Karena kan banyak keluhan terkait kondisi jalan yang rusak, makanya butuh betonisasi. Jadi kalau musim hujan tidak becek lagi,” jelasnya.

Sementara penerima manfaat alat produksi, Muh. Aedil mengaku sangat bersyukur atas bantuan ini. Sebab, dengan bantuan alat ini, kapasitas produksi mereka bisa lebih besar dan daya cakup pemasarannya bisa lebih luas.

”Saya cuma bisa berterima kasih sama PNM. Alat ini sangat bermanfaat, dan tentu saja akan berdampak baik sama usaha saya. Saya rintis usaha ini sejak pandemi, dan alhamdulillah sekarang bisa berkembang, apalagi kalau adami alat produksinya, insyaallah semakin besar,” ujar pria 30 tahun itu.

Sedangkan tokoh masyarakat Kelurahan Kassa, Lingkungan Bulisu, Kecamatan Batu Lappa, Pinrang, Surham mengaku, bantuan material bakal memberi dampak bagus untuk mobilitas warga setempat.

”Tentu ini sangat bermanfaat. Kan kalau sudah dibeton, jalanannya tidak becek lagi pas musim hujan. Jadi kami berterima kasih kepada PNM, semoga semakin berkembang dan terus mendapat kepercayaan masyarakat,” kata dia. (wid)

News Feed