English English Indonesian Indonesian
oleh

Bupati Pangkep Sambut Baik Sentra Layanan Universitas Terbuka (SALUT) Syamsuddin Hamid Pangkep

FAJAR, PANGKEP-Sentra Layanan Universitas Terbuka (SALUT) Syamsuddin Hamid Pangkep, diresmikan oleh Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau, Jumat 22 Juli 2022 di Kota Pangkep.

Pada peresmian acara turut hadir Wakil Bupati Pangkep, H.Syahban Sammana, SH, Wakil Rektor IV UT, Rahmat Budiman, S.S., M. Hum., Ph.D. didampingi Direktur UT Makassar, Drs Hasanuddin M.Si. Pj Marketing UT Makassar (Kerjasama, Humas, Sospro dan Alumni) Prof Dr H Abdul Rahman Rahim SE M.Si.

Asisten Wakil Rektor IV Bidang Pengembangan Institusi dan Kerjasama, Yuli Tirtariandi El Anshori, S.IP, M.AP. Manajer SALUT Syamsuddin Hamid, Syamsuddin Hamid.

Juga hadir Ketua DPRD Pangkep, Haris Gani, Anggota FORKOPINDA Pangkep serta para pejabat lainnya.

Pada sambutan pembukaan Wakil Rektor IV UT, Bidang Pengembangan Institusi dan Kerjasama, Rahmat Budiman mengatakan, secara nasional SALUT Pangkep ini merupakan yang ke-69, sebelumnya Jumat pagi diresmikan SALUT Maros ke-68 serta Sabtu pagi peresmian SALUT ke-70.

UT menjangkau masyarakat yang tidak terjangkau dengan tatap muka. SALUT merupakan kepanjangan tangan UT Makassar.

Saat ini calon mahasiswa sudah bisa registrasi mendaftar, mata kuliah, ujian, bisa dilakukan secara online. Para mahasiswa bisa dapat ketemu di SALUT.

UT adalah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sehingga ijazahnya sama dengan perguruan tinggi negeri lainnya seperti Unhas, UGM, Universitas Indonesia, UNPAD.

Hal ini dapat dibuktikan pada formasi CPNS 2020, membuka lowongan 20 ribu yang lolos alumni UT sebanyak 9.393 ini, atau hampir 50 persen menunjukan ijazah UT sama dengan Perguruan tinggi lainnya.

Saat ini UT tawarkan program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) apabila ASN miliki ijazah sertifikat penghargaan dapat dikonversi sejumlah SKS pembebasan sampai 5 semester.

Hal sama juga kalau ada yang pernah kuliah di kampus lain dan belum selesai dapat dikonversi perkuliahan di UT.

Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau sebelum peresmian SALUT, menerima rombongan Wakil Rektor IV UT, Rahmat Budiman, dan menyatakan sangat mendukung dan merespon kehadiran SALUT di Pangkep.

Kuliah di UT mendekatkan masyarakat dengan Perguruan Tinggi dan ini sangat tepat karena mahasiwa bisa di daerah ikut kuliah.

Kebijakan pemerintah Pangkep menyediakan bea siswa bagi para mahasiswa bagi orang yang tidak mampu dan memiliki prestasi akademik.

Wakil Bupati Pangkep, Sahban Sammana dalam sambutan pembukaan SALUT Syamsuddin Hamid mengatakan, pertama para hadirin ajak anggota keluarga ke UT tidak usah ke Makassar lagi kuliah.

Mencapai target 1000 mahasiswa UT di Pangkep tidak terlalu susah tempat SALUT sangat strategis, disini dekat Bank Sulselbar para guru dan ASN akan mendapatkan info tentang UT.

Adanya SALUT semakin mendekatkan pelayanan di bidang pendidikan. Dia berharap ASN dapat kuliah terutama di wilayah kepulauan dengan banyak prodi ditawarkan.

Direktur UT Makassar, Drs Hasanuddin, M.Si mengatakan rasa haru karena SALUT termegah yang pernah dikunjungi mudah-mudahan ini pertanda Makassar pintu harapan terdepan dengan terbukanya UT di daerah akan terwujud sesuai harapan.

Saat ini di Pangkep kurang lebih 300 mahasiswa dan target di daerah ini 1000 mahasiswa. (nsrn)

News Feed