English English Indonesian Indonesian
oleh

Urgensi Tes Kesiapan Masuk Sekolah Dasar

OLEH: Trisnawaty, M.Psi., Psikolog, Dosen dan Kepala Unit Bimbingan dan Konseling Prodi Pendidikan Dokter FKIK UIN Alauddin Makassar

Bulan Juli sudah di depan mata, seperti biasa bagi orang tua yang memiliki anak usia 5 hingga 7 tahun sudah mulai bersiap-siap memasukkan anak-anaknya ke sekolah dasar.

Pendaftaran masuk sekolah malah sudah mulai dibuka sejak bulan April hingga Mei. Kewajiban untuk bersekolah sesuai usianya juga telah diatur dalam permendikbud no.51 tahun 2018 yang salah satu persyaratannya berbunyi: persyaratan calon peserta didik baru kelas 1 (satu) SD berusia: a. 7 (tujuh) tahun; atau b. paling rendah 6 (enam) tahun pada tanggal 1 Juli tahun berjalan. Pengecualian syarat usia paling rendah 6 (enam) tahun sebagaimana dimaksud, yaitu paling rendah 5 (lima) tahun 6 (enam) bulan pada tanggal 1 Juli tahun berjalan, menurut Permendikbud ini,  diperuntukkan bagi calon peserta didik yang memiliki potensi kecerdasan dan/atau bakat istimewa dan kesiapan psikis yang dibuktikan dengan rekomendasi tertulis dari psikolog profesional. Hal inilah yang kemudian mendasari lahirnya kewajiban mendapatkan rekomendasi kesiapan masuk sekolah dasar dari psikolog bagi anak-anak yang usianya belum cukup.

Gambaran tes kesiapan masuk sekolah

Tes kesiapan masuk sekolah dirancang untuk mengetahui kesiapan anak usia 5-7 tahun untuk masuk sekolah. Tes ini merupakan satu rangkaian kegiatan untuk mengetahui kematangan aspek-aspek akademik maupun non akademik yang akan digunakan anak selama belajar di sekolah. Tes ini mampu mengukur kapasitas yang dimiliki seorang anak untuk bertindak secara terarah, berfikir secara rasional, dan beradaptasi secara efektif terhadap lingkungannya.

News Feed