English English Indonesian Indonesian
oleh

UKM Seni UNM Pentaskan “Nera” di FTMI Bone, Kritik atas Kekerasan Seksual

FAJAR, MAKASSAR-Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni Universitas Negeri Makassar (UNM) mementaskan “Nera”. Pertunjukan teater yang naskahnya ditulis Akbar Iting. Pentas itu pada Festival Teater Mahasiswa Indonesia (FTMI) XVI Bone di Planet Cinema Bone, Kamis, 16 Juni. FTMI yang diikuti 15 pementas ini masih berlangsung hingga 19 Juni.

Pementasan Teater Titik Dua UKM Seni UNM itu, menceritakan tentang gadis berumur 21 tahun yang berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi. Perempuan lugu yang mengenal seorang laki-laki yang menyebabkan hidupnya berubah. Namun, tak lama ditemukan ibunya tewas gantung diri. Ia gantung diri karena tak tahan dengan gunjingan para tetangga yang membicarakan semua aib Nera yang hamil diluar nikah.

Itu semua karena kecerobohannya dalam menjalin hubungan asmara dengan seorang lelaki. Ditambah Nera mengalami pelecehan seksual dalam proses penyelesaian studinya Pembimbingnya malah menjadikan Nera budak seks untuk memuaskan hasratnya. Dan teman satu-satu yang ia harapkan kini pergi meninggalkannya juga.

Sutradara Tim Produksi UKM Seni UNM, Ananda Nadya N.A mengatakan, “:nera” merupakan cerita fiksi, namun permasalahan-permasalahan yang hadir pada kehidupan nera itu relate dengan orang zaman sekarang terkhususnya pada anak muda, mulai dari pelecehan, seks bebas/hamil diluar nikah, bunuh diri, permasalahan penulisan skripsi.

“Dalam teater nera menggambarkan kejadian reka ulang mengenai permasalahan-permasalahan yang dialami nera dengan pacar, dosen, temen dan juga ibu kemudian dari permasalahan yang nera alami membuat nera tak sanggup lagi sehingga jalan terakhir nera ialah mengeksekusi ke 3 orang tersebut pacar, teman dan dosen,” cerita Nadya kepada FAJAR.

News Feed