English English Indonesian Indonesian
oleh

Bumi Dipepet Asteroid Raksasa

‘Presiden Amerika Serikat’ dalam film itu Janie Orlean — diperankan Meryl Streep — dicaci maki oleh Prof Dr. Randall Mindy — ilmuwan yang bersama mahasiswanya Kate Debiasky menemukan komet yang dalam hitungan 6 bulan sekian hari, jam hingga  menit akan menghancurkan planet bumi.

The President of the United States is f**ing lying! Look, I’m  just like all of you. I hope to Gor, Inhope tonGod that this president knows what she’s doing. I hope she’s got us all taken care of. But the truth is, I think this whole administration has completely lost their f**ing mind! And Ithink we’re all going to die!,” kata Randall saat wawancara di televisi. Randall dan sebelumnya Debiasky kecewa karena para ‘oligarkhi’ ternyata melihat ‘ancaman’ sebagai peluang ‘bisnis’ yang bernilai triliunan dollar. Ada potensi triliunan dollar di balik ancaman kepunahan.

**

Supaya tidak bingung: asteroid dan komet sesungguhnya berbeda. Asteroid adalah batu luar angkasa berukuran satu hingga ratusan kilometer yang berasal dari sisa-sisa pembentukan planet di Tata Surya. Beberapa puing ini tidak jarang bersatu dan akhirnya menjadi satelit tetap sebuah planet.

Sama seperti asteroid, komet juga sebenarnya merupakan sisa pembentukan Tata Surya pada 4,6 miliar tahun yang lalu. Bedanya, komet terdiri dari gas, es, dan batuan. Komet berasal dari bahasa Yunani yakni ‘cometes’ yang berarti rambut panjang. Ekor  komet berasal dari tubuhnya sendiri. Komet terdiri dari es, gas, dan batu.

Ketika komet mendekati matahari, es menguap dan membentuk ekor yang sangat panjang. Sedangkan asteroid tidak memiliki ekor cahaya sama sekali. Karena kemunculannya lebih mirip seperti bintang jatuh. Lokasinya: komet berada jauh dari bumi. Sedangkan asteroid cukup dekat dengan bumi karena berada di sabuk Kuiper yang berada antara Mars dan Yupiter.

News Feed