English English Indonesian Indonesian
oleh

Bumi Dipepet Asteroid Raksasa

Ini berita tadi malam  di Detikcom. “Perhatian! Asteroid Raksasa Mau Pepet Bumi 6 Juni 2022.” Artinya hari ini. Berita ini menyatakan NASA memberikan atensi khusus terhadap sebuah asteroid berukuran 3 gerbong KRL (ukuran panjang 60 meteran dengan lebar sekitar 36 meter lebih) yang sedang terbang mendekati bumi. Hampir pasti jika benar menabrak bumi akan membuat kerusakan serius jika menabrak bumi. Asteroid ini akan melintas Bumi dalam jarak 3,5 juta km. Buat orang awam ini tampak jauh, namun bagi NASA jarak itu masuk dalam tabel ‘Earth Close Approaches’. Jarak ini sudah dianggap mepet ke Bumi.

Dalam perhitungan NASA, asteroid ini akan melewati Bumi pada 6 Juni 2022 pukul 23.35 WIB. Asteroid ini masih akan kembali melintasi bumi pada tahun 2034 – namun jaraknya sudah akan makin menjauh dalam hitungan 2 kali dari jarak malam ini. Menurut berita, NASA sampai saat ini baru bisa memantau saja. Namun, mereka sedang merencanakan skenario menabrak asteroid pakai roket, untuk mengubah arahnya. Uji coba ini akan dilakukan tahun 2022. Asteroid Dimorphos selebar 161 meter akan coba ditabrak pakai roket.

Asteroidnya pasti tidak hancur. Tapi NASA mau lihat apakah arahnya bisa berubah.

**

Awal tahun ini — Netflix menghadirkan film ‘Don’t Look Up’ yang disutradarai Adam McKay. Ini film tentang ancaman sebuah komet raksasa yang diperkirakan akan menabrak  bumi. Cuma dalam film,  komet itu berukuran raksasa 5-6 kilometer. Artinya 100 kali panjang dari ‘asteroid’ yang akan melintasi bumi. Film komedi satir yang dibintangi sederet artis besar Hollywood seperti Leonardo DiCaprio, Jennifer Lawrence, Jonah Hill, Meryl Streep, Rob Morgan, Mark Rylance hingga penyanyi Ariana Grande dan Kid Cudi — sepertinya tuntas memaki pengelola pemerintahan, politisi, pengusaha tamak dan media yang tidak fokus pada poin isu yang mengancam kehidupan planet bumi.

News Feed