English English Indonesian Indonesian
oleh

Antisipasi Tumpahan Minyak Laut, Tiga Negara Latihan di Pelabuhan Makassar

FAJAR, MAKASSAR -Indonesia, Jepang, dan Filipina sepakat melakukan latihan bersama Penanggulangan Tumpahan Minyak di Laut secara regional atau (Regional Marpolex).

Ketiga negara ini masing-masing diwakili yakni Kementerian Perhubungan Cq dalam hal ini Direktorat Jenderal Perhubungan Laut untuk Indonesia, Phillippine Coast Guard (PCG) wakil Filipina dan Jepang diwakili oleh Japan Coast Guard (JGC).

Indonesia didapuk menjadi tuan rumah Regional Marpolex tahun ini. Sebelumnya bergantian dengan Filipina pada penyelenggaraan Regional Marpolex 2019, berlangsung di Pelabuhan Davao Filipina.

Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai, Capt. Weku Karuntu, menyebut bilamana Regional Marpolex ajang latihan bersama yang diikuti oleh tiga negara, Indonesia, Filipina, dan Jepang. Ini sebagai tindak lanjut dan implementasi dari perjanjian Sulawesi Sea Oil Spill Response Network Plan tahun 1981.

Tujuannya, kata Weku, untuk menguji dan mengevaluasi kemampuan Indonesia dan Filipina dalam menanggulangi musibah tumpahan minyak khususnya di wilayah perairan Indonesia dan Filipina.

Lebih lanjut, pada 1995, pemerintah Jepang melalui Japan Coast Guard (JCG) mulai bergabung. Sejak itu pula Marpolex menjadi komitmen pemerintah Indonesia, Filipina, dan Jepang dalam mengimplementasikan ASEAN Oil Spill Response Action Plan dan Sulawesi Sea Oil Spill Network Response Plan.

“Regional Marpolex diselenggarakan secara rutin setiap dua tahun sekali. Ini juga implementasi dari amanat Undang-Undang Nomor 17 tahun 2008 tentang Pelayaran, Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2010 tentang Perlindungan Lingkungan Maritim, serta Peraturan Presiden Nomor 109 Tahun 2006 tentang Penanggulangan Keadaan Darurat Tumpahan Minyak di Laut,” jelas Weku, Senin, 23 Mei.

News Feed