English English Indonesian Indonesian
oleh

Cicu: Perempuan Miliki Peran Besar Tumbuhkan UMKM

MAKASSAR, FAJAR-Ketua DPC NasDem Makassar, Andi Rachmatika Dewi sebut perempuan memiliki peran besar dalam menumbuhkan sektor ekonomi. Utamanya di sektor Usaha Mikro Kelas Menengah (UMKM). Perempuan banyak terlibat aktif dalam memulihkan ekonomi Indonesia.

“Karena kalau kita lihat skemanya itu ada presentasi pelaku sektor UMKM hampir semuanya diisi oleh perempuan. Besar sekali peran mereka,” kata Legislator Sulsel ini, Kamis, 21 April.

Lebih lanjut, Cicu sapaannya membeberkan, pelaku UMKM terbesar di Indonesia yang menyumbangkan 60 persen Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) di sektor ekonomi nasional. Itu adalah perempuan.

“Bahwa pelaku UMKM itu ternyata menyumbangkan pemulihan ekonomi yang sangat besar. Itu adalah perempuan pelakunya. Itu yang perlu teman-teman ketahui,” bebernya.

Cicu juga mengungkapkan, data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI menunjukkan usaha mikro 52 % dari 63,9 juta pelaku usaha mikro di Indonesia adalah perempuan.

Untuk usaha kecil, terdapat 56 % dari 193 ribu usaha kecil pemiliknya perempuan. Sementara, untuk usaha menengah 34 % dari 44,7 ribu pelaku usahanya adalah perempuan.

“Inilah potret kartini masa kini harus berdaya untuk diri sendiri, memberdayakan orang di sekelilingnya agar bisa mandiri dan berkontribusi bagi masyarakat, bangsa, dan agama,” ungkapnya. (ams/*)

News Feed