English English Indonesian Indonesian
oleh

Kementan Pantau Ketersediaan 12 Komoditas di Makassar

FAJAR, MAKASSAR — Jelang Lebaran, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) telah memerintahkan para pejabat eselon I dan II di bawah Kementan untuk memantau ketersediaan stok pangan di 34 provinsi. Tim pengawalan dan monitoring dibentuk khusus untuk itu.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Prof Fadjry Djufry ditugaskan oleh Mentan SYL untuk melakukan pemantauan pasar sebagai tindak lanjut atas pemantauan pasar yang dilakukan oleh Mentan SYL di Makassar beberapa waktu lalu. Didampingi Kepala Balai Besar Karantina Pertanian (BBKP) Makassar, Lutfie Natsir, melakukan kunjungan kerja ke Pasar Terong dan Pasar Daya.

“Kita mengecek 12 bahan komoditas. Sejauh ini stoknya aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat hingga Idulfitri,” tutur Fadjry, Senin, 18 April.

Kepala BBKP Makassar, Lutfie Nasir Natsir yang ditunjuk menjadi penanggung jawab wilayah Sulsel mengatakan, distribusi menjadi masalah ketersediaan pasokan tidak merata.

“Untuk pendistribusiannya akan kami antisipasi dan lakukan pendistribusian dengan baik. Untuk stok sendiri dipastikan cukup,” ujar Lutfie.

12 komoditas tersebut yakni beras, jagung, kedelai, cabai besar, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, telur ayam, daging sapi, gula pasir, dan minyak goreng. (sae/yuk)

News Feed