English English Indonesian Indonesian
oleh

Mahasiswa Sejarah UNM Belajar Kebudayaan di Empat Museum

FAJAR, MAKASSAR– 38 mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) yang memprogramkan mata kuliah Sejarah Kebudayaan Indonesia Prodi Pendidikan Sejarah melakukan Praktik Kuliah Lapangan (PKL). Mereka belajar di empat museum, yaitu Museum Pattingalloang Somba Opu, Museum I Lagaligo Fortrotterdam, dan Naval Museum Lantamal VI Makassar, Sabtu, 26 Maret 2022).

Dosen Pembimbing sekaligus Kepala Laboratoriun Jurusan Pendidikan Sejarah dan PIPS, Amirullah sangat mengapresiasi kegiatan PKL ini. Di mana materi didapatkan di kampus bisa diaplikasikan terutama bagaimana proses pengumpulan data di lapangan disaat mengunjungi lokasi PKL.

“Kegiatan PKL ini yang kedua kalinya digelar oleh mahasiswa Pendidikan Sejarah namun lokasi dan kajian yang berbeda pula,” ujar Amirullah. Dosen Pembimbing lainnya, Khaeruddin mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan perkuliahan yang secara langsung mahasiswa bisa melihat segala bentuk peninggalan kebudayaan di museum-museum yang dikunjunginya.

Selaku ketua panitia, Adnan mengatakan sangat senang dengan PKL ini karena bisa secara langsung menyaksikan segala peninggalan kebudayaan Sulsel di dalam Museum. Kegiatan ini dilaksanakan mulai dari pukul 08.00-17.00 Wita dan diikuti 38 mahasiswa yang memprogramkan mata kuliah sejarah kebudayaan. (mum/rdi)

News Feed