English English Indonesian Indonesian
oleh

Video Tumpahan Minyak Goreng 2,5 Ton yang Viral di TikTok, Ternyata…

FAJAR, KALTIM — Sebuah video menyebut minyak goreng sebanyak 2,5 ton tumpah di laut. Polisi pun melakukan penyelidikan atas video tumpahan minyak goreng 2,5 ton itu.

Berdasarkan penyelidikan Reserse Kriminal Khusus (Dirkrimsus) Polda Kalimantan Timur, video tersebut direkam di atas dek Tongkang (TK) Kahuripan 207 di Jetty 2C PT. Kutai Refenery Nusantara. Pengambilan gambarnya pada 18 Januari 2022.

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirkrimsus) Polda Kalimantan Timur Kombes Indra menyebut video viral di TikTok yang menyebut 2,5 ton minyak goreng tumpah di laut merupakan berita bohong atau hoaks. Cairan keemasan itu merupakan minyak CPKO (Crude Palm Kermel Oil).

“(Minyak CKPO, red) sebanyak kurang lebih 50 liter. Bukan sebanyak 2,5 ton seperti informasi yang ada dalam video TikTok yang viral tersebut,” kata Indra dalam keterangan tertulisnya, Senin (21/3).

Perwira menengah Polri itu mengungkapkan fakta tersebut setelah pihaknya melakukan klarifikasi kepada Candra Sasmita, pemilik video yang mengunggahnya di TikTok. Candra diketahui merupakan Kelasi TK. Kahuripan 207.
Polisi juga memeriksa penanggung jawab PT Kutai Refinery Nusantara Jaya Budiansyah. Kepada polisi, Candra mengaku merekam dan menulis minyak goreng tumpah sebanyak 2,5 ton di akun @candrasurveyor91 di TikTok, untuk iseng semata. “Hanya iseng-iseng main TikTok saja dan tidak ada maksud lain,” kata Indra.

Seperti diketahui, video viral memperlihatkan minyak goreng timpah ke laut di media sosial TikTok. Video berdurasi 28 detik itu menyebut sebanyak 2,5 ton cairan keemasan tumpah di kapal laut.

News Feed