English English Indonesian Indonesian
oleh

HIPKI Harus Berperan Aktif Cetak Enterpreneur

MAKASSAR, FAJAR–Gelaran Rakerda Pengurus DPD Himpunan Penyelenggara Pelatihan dan Kursus Indonesia (HIPKI) Provinsi Sulawesi Selatan, menjadi penekanan untuk mencetak enterpreneur lebih banyak.

Hal ini disampaikan anggota DPR RI yang juga enterpreneur muda Sulsel Dr. H. Muhammad Aras, S.Pd., M.M yang didaulat tampil sebagai pemateri
ber tema “Membentuk Jiwa Kewirausahaan Yang Berkarakter Inovatif dan Kompetitif di Masa Pandemi”.

Emerald Tailor dan Hero Tailor adalah bukti jenis usaha yang digelutinya tetap eksis hingga kini, dan telah mencetak banyak enterpreneur yang bisa mandiri. Meski banyak sekali kompetitor dengan bidang yang sama, hal tersebut justru menjadi pemicu dirinya terus berinovasi dan berkreasi hingga Lakhirnya tetap bertahan dan eksis di masa pandemi.

“Untuk menjadi seorang enterpreneur atau jiwa wirausaha, dibutuhkan keberanian. Sikap tidak pantang menyerah, rasa keingintahuan yang besar serta selalu terdepan untuk berani tampil beda dengan yang lain merupakan indikator menuju keberhasilan yang perlu dibangun,” kata Aras di Ballroom Grand Asia Hotel, Makassar, Sabtu 26 Februari 2022. Ia mencontohkan, setelah mendapatkan satu pelanggan maka kita harus berpikir bagaimana mendapatkan dua pelanggan dan seterusnya hingga eksistensi usaha menjadi diperhitungkan.

Selain itu, Muhammad Aras menekankan bahwa seseorang yang hendak mencapai titik keberhasilan menuju keberhasilan lainnya, harus dilandasi karakter yang adaptif. Mampu beradaptasi dan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki untuk berbaru dengan kemajuan teknologi di era digitalisasi tidak bisa dipungkiri. Contoh para pelaku start-up yang masih eksis hingga kini. Mereka mampu berkompetisi dengan ketat antara satu dengan lainnya. Banyak pula yang berguguran di tengah jalan, dikarenakan mereka terlambat hingga
kalah berinovasi dan berkreasi.

News Feed