English English Indonesian Indonesian
oleh

7 Fakta Hubungan Rusia-Ukraina yang Memanas

Aktivitas militer Rusia di Ukraina timur terus meningkat dalam beberapa hari terakhir. Presiden Rusia Vladimir Putin menegaskan keyakinannya bahwa Ukraina tidak memiliki klaim historis atas negara merdeka

Dia menyebut Ukraina modern sepenuhnya diciptakan oleh Rusia. Kedua negara ini merupakan bekas republik Soviet. Hubungan keduanya tidak harmonis sejak 2014. Rusia bahkan menyebut Ukraina menjadi boneka Barat.

Keinginan Ukraina bergabung dengan Uni Eropa maupun North Atlantic Treaty Organization (NATO) atau Pakta Pertahanan Atlantik Utara mendapat penolakan keras dari Rusia.

Berikut fakta tentang Ukraina yang dianeksasi tentara Rusia

  1. Posisi dan Batas Negara

Ukraina berada di Eropa timur. Posisinya berada di antara Rusia dan negara-negara anggota Uni Eropa/Nato, seperti Polandia, Slovakia, Hongaria, dan Rumania.

Negara lain yang juga berbatasan dengan
Ukraina yakni Belarus di utara dan Moldova di selatan. Ukraina berbagi perbatasan dengan Rusia.

2 Hubungan Sejarah

Ukraina dan Rusia merupakan dua negara merdeka. Keduanya muncul setelah Uni Soviet
runtuh pada tahun 1991.

Namun, meski berkembang menjadi negara merdeka sendiri, Ukraina memiliki hubungan sosial, budaya, dan ekonomi yang mendalam dengan Rusia.

Ukraina juga menggunakan bahasa Ukraina sebagai bahasa negara. Memang, sebagian besar pusat kota dan kawasan industri didominasi bahasa Russophone. Wilayah paling barat yang berbahasa Ukraina.

Perubahan ini terjadi sekitar tahun 2000-an. Perubahannya oleh generasi baru melalui sistem sekolah Ukraina. Agresi Rusia dan pengenalan undang-undang bahasa Ukraina mempercepat peralihan ke bahasa Ukraina di semua bidang kehidupan.

News Feed