English English Indonesian Indonesian
oleh

7 Fakta Hubungan Rusia-Ukraina yang Memanas

Bahkan selama Perang Dingin, kekuatan nuklir yang berlawanan berhati-hati untuk tidak saling bertarung secara langsung. Pertarungannya melalui proxy, seperti Vietnam yang pro-komunis.

Juga tidak perlu keterlibatan pasukan Barat, karena Ukraina memiliki tentara yang relatif besar dan tangguh dalam pertempuran. Seluruh alasan untuk memilih Lapangan Pelatihan Yavoriv sebagai basis dari AS, Inggris, dan instruktur barat lainnya adalah kedekatannya dengan perbatasan Polandia, yang hanya berjarak 20 km.

Instruktur barat akan dievakuasi ke Polandia jika terjadi perang, meskipun mereka mungkin kembali setelah garis depan stabil.

  1. Keinginan Ukraina Bergabung dengan NATO

Tujuan Ukraina bergabung dengan NATO sekarang diabadikan dalam Konstitusi Ukraina. Angkatan bersenjatanya secara bertahap beralih ke standar NATO.

Akan tetapi, pada 2008, terakhir kali anggota NATO membahas gagasan aksesi Ukraina, Jerman dan Prancis memblokirnya agar tidak memprovokasi Rusia.

  1. Apa itu Nato?

NATO atau North Atlantic Treaty Organization dibentuk dengan penandatanganan oleh 12 anggota pendiri dokumen. Organisasi ini juga dikenal sebagai Perjanjian Washington dan pendiriannya pada 4 April 1949.

Inggris dan Perancis yang pertama kali mencetuskan gagasan perumusan NATO.
Ketegangan politik pada awal Perang Dingin melatari perumusan NATO yang ditindaklanjuti dengan perjanjian Dunkirk 1947.

Perjanjian tersebut berkembang hingga memiliki anggota mayoritas di Eropa Barat. (*)

News Feed