English English Indonesian Indonesian
oleh

Sambangi Makassar, Sapto Anggoro Blak-blakan Bahas Bisnis Media


Reporter : Yuweni Puji Saputri


MAKASSAR, FAJAR – Dalam kunjungannya ke Kota Makassar, Atmaji Sapto Anggoro selaku Anggota Dewan Pers menyempatkan diri bertandang ke redaksi FAJAR Makassar, Kamis (10/02/2022).


Pada kesempatan tersebut, mantan jurnalis Harian Republika itu berbagi ilmu dan pengalamannya selama memulai karier sebagai reporter di Surabaya Post, kemudian melanjutkan karier di detik.com hingga mendirikan Tirto.id di akhir 2015.


“Dulu detik.com itu beritanya sepuluh paragraf ke atas, bukan lima. Kenapa jadi sedikit, karena banyak demonstran, jadi harus cepat laporan. Makanya beritanya bukan pakai 5W + 1H, tapi cukup 3W saja. Akhirnya semua media beradu cepat cepatan pendek-pendekan. Padahal itu beritanya by accident bukan by design,” bebernya.

Tidak hanya perihal jurnalistik, Sapto Anggoro juga sharing soal keahliannya di bidang bisnis hingga membawa Tirto.id menjadi satu dari banyak media terkemuka di Indonesia.


Sapto Anggoro, didampingi sang istri, juga memberikan bekal kepada para tenaga information technology (IT) FAJAR dalam mengamankan data dan serta solusi mengatasi kendala teknis.


“Yang pasang iklan di Instagram Tirto itu semua brand besar, mulai dari penyedia jasa transportasi online sampai e-commers, dengan nilai komtrak sampai Rp60 juta,” tutur Sapto.


“Apa yang membuat nilai kontraknya dan permintaan tinggi, itu karena mereka melihat pembaca Tirto kelas menengah ke atas, sehingga pembacanya adalah orang-orang pengambil keputusan,” pungkas mantan Dewan Eksekutif PANDI itu. (put)

News Feed