English English Indonesian Indonesian
oleh

2022, Genre Musik Makin Variatif

FAJAR, MAKASSAR– Tren musik tahun 2022 diprediksi akan berkembang. Tak hanya gendre pop, jaz, blues, rok dan metal yang ada, melainkan beberapa gendre akan bermunculan.

Sebut saja gendre folk atau musik rakyat, elektronik pop, serta musik-musik era 90 an. Tak ketinggalan musik koplo dangdut dan remix juga akan tetap eksis dan dicari.

Pengamat Musik di Makassar, Andi Muhammad Iklas mengatakan kemajuan teknologi, memudahkan pendengar mengakses musik melalui streaming.

Berbagai gendre musik yang isinya memang ringan atau easy listener banyak diminati. Untuk generasi milenial, kata dia, tetap kebanyakan senang yang ngebeat atau remix.

Tetapi juga yang terbaru masuk adalah musik koplo yang juga hadir di tiktok.”Namun bisa diprediksi tak ada yang dominan, berbagai gendre musik akan ada di 2022 termasuk musik dangdut,” ungkap pria yang juga penyiar tersebut.

Pengamat musik dan Pemilik Record Store Makassar, Zulkhair Burhan mengatakan rata-rata memang kebanyakan di Makassar khususnya anak muda suka aliran gendre folk.

Namun kata dia, cewek-cewek rata-rata gemar K-pop. Kemudian remaja lebih senang musik remix yang banyak hadir di aplikasi tiktok.

“Buktinya, bisa dilihat dari banyaknya yang suka menonton film drama Korea, hingga munculnya beberapa komunitas K-pop yang semakin besar. Lalu banyak juga yang bikin video-video dance musik remix di tiktok,” ucapnya.

Hal tersebut kata Zulkhair, sudah menjadi gambaran kalau ke depan musik-musik demikian yang masih akan eksis dan di cari.(wis/lin)

News Feed