English English Indonesian Indonesian
oleh

Petugas Harus Penuhi Hak Jemaah, 573 Petugas Daker Makkah Siaga

FAJAR, MAKKAH-Jemaah Calon Haji (JCH) gelombang kedua dijadwalkan akan tiba di Makkah pada 10 Juni 2024. Sebanyak 573 petugas yang tersebar di kantor Daker Makkah, sebelas sektor dan satu sektor khusus Masjidil Haram, mulai bersiaga.

Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Nasrullah Jasam, meminta petugas untuk memenuhi seluruh jemaah. Penegasan itu disampaikan saat memimpin1 Rapat Persiapan Operasional Daker Makkah, Kamis, 16 Mei 2024.

Hadir dalam rapat tersebut Kepala Daker Makkah Khalilurahman, Sekretaris Daker Makkah Tawabbudin, Kabid Konsumsi PPIH Arab Saudi Sutikno, Kabid Transportasi PPIH Arab Saudi Mujib Roni, dan Kabid Akomodasi PPIH Arab Saudi Zaenal Muttaqin.

Dalam rapat yang diikuti seluruh Kepala Seksi (Kasi) Layanan Daker Makkah dan Ketua Sektor ini, Ketua PPIH Arab Saudi Nasrullah Jasam meminta pengecekan semua layanan dilaksanakan dengan detil. “Untuk seluruh Ketua Sektor, saya minta pelajari juga kontrak yang telah dibuat tim akomodasi dengan penyedia hotel,” pesan Nasrullah.

“Selanjutnya, pastikan seluruh layanan yang ada dalam kontrak terpenuhi, hak jemaah harus terpenuhi. Periksa dengan detil,” sambungnya.

Kepala Daker Makkah Khalilurahman menyampaikan, pergerakan jemaah dari Madinah menuju Makkah akan dimulai pada 20 Mei 2024. “Berdasarkan jadwal, jemaah akan mulai masuk Makkah pada 20 Mei 2024 malam,” tutur Khalilurahman.

Pihaknyan akan memfinalisasi kesiapan seluruh layanan, seperti akomodasi, layanan konsumsi, hingga transportasi bus shalawat. Bahkan akan kita cek juga kesiapan layanan bimbingan ibadah. Mengingat, ibadah-ibadah yang menjadi rukun dan wajib haji ada di Makkah,” sambungngya.

Khalil, begitu ia biasa disapa, juga mengungkapkan semangat haji ramah lansia akan mewarnai pelayanan di Makkah. “Layanan ramah lansia akan kita siapkan, mulai dari kebijakan penempatan di hotel, penyiapan bus low deck bagi jemaah lansia dan disabilitas, hingga penyiapan pembimbing ibadah di sektor maupun daker,” terang khalil. (er)

News Feed