English English Indonesian Indonesian
oleh

OJK Gandeng Media Massa Tingkatkan Literasi Keuangan Masyarakat

FAJAR, JAKARTA – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendorong kolaborasi strategis dengan media massa guna meningkatkan literasi keuangan masyarakat. Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, dan Pelindungan Konsumen OJK, Friderica Widyasari Dewi, menyampaikan ajakan ini saat membuka kegiatan “Diskusi dan Training of Trainers (ToT): OJK Penggerak Duta Literasi Keuangan Indonesia (OJK PEDULI) bagi Media Massa” di Jakarta, Senin, 16 Juni 2025.

“Kolaborasi dengan media massa penting untuk dilakukan secara berkelanjutan dalam rangka meningkatkan literasi dan inklusi keuangan serta mendorong pertumbuhan ekonomi dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Kami mendorong peran aktif media massa untuk menjadi agen literasi keuangan masyarakat serta memberikan edukasi keuangan yang informatif dan berimbang,” kata Friderica.

Ia menekankan bahwa media massa sebagai sumber informasi yang kredibel dan memiliki jangkauan luas memegang peranan vital dalam mendukung peningkatan literasi dan inklusi keuangan masyarakat.

Lebih lanjut, Friderica menyoroti peran strategis media dalam mendukung pelindungan konsumen, terutama di tengah maraknya kejahatan di sektor jasa keuangan. Penipuan atau scamming seperti phising, skimming, love scam, serta praktik investasi ilegal dan pinjaman online (pinjol) ilegal semakin banyak menimbulkan kerugian di tengah masyarakat.

Dalam kesempatan yang sama, Plt. Kepala Departemen Literasi, Inklusi Keuangan dan Komunikasi OJK, M. Ismail Riyadi, mengungkapkan bahwa duta-duta literasi keuangan yang dibentuk OJK diharapkan mampu menjadi pengajar edukasi keuangan di berbagai platform, baik secara langsung di komunitas maupun melalui media sosial.

News Feed