FAJAR, MAKASSAR – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 berhasil mencatat peningkatan kinerja positif secara konsolidasi selama triwulan I tahun 2025 dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Capaian ini mencerminkan keberhasilan transformasi dan sinergi pasca integrasi Pelindo serta upaya efisiensi dan peningkatan layanan di seluruh wilayah operasional Regional 4.
Kinerja secara konsolidasi yang positif ini juga semakin mempertegas komitmen perusahaan dalam meningkatkan layanan kepelabuhanan dan memperkuat konektivitas logistik khususnya di Kawasan Indonesia Timur (KTI).
Executive Director 4 Pelindo Regional 4, Abdul Azis mengatakan bahwa sepanjang Januari hingga Maret 2025, pihaknya berhasil membukukan pertumbuhan positif pada sejumlah indikator utama kinerja operasional pelabuhan, yakni arus peti kemas, arus kunjungan atau call kapal, serta arus penumpang.
Di mana selama triwulan I tahun ini, Pelindo Regional 4 terus mendorong implementasi digitalisasi layanan melalui Integrated Billing System, peningkatan vessel management system, serta penguatan sistem keamanan pelabuhan.
“Kami berkomitmen untuk terus memperkuat peran pelabuhan sebagai trade facilitator dan pendorong pertumbuhan ekonomi kawasan. Capaian triwulan I secara konsolidasi menjadi modal kuat untuk menghadapi tantangan di triwulan-triwulan berikutnya,” kata Abdul Azis.
Arus Peti Kemas Meningkat
Yusida M. Palesang, Division Head Pelayanan Operasi Pelindo Regional 4 menyebutkan bahwa secara konsolidasi sepanjang triwulan I tahun ini, volume peti kemas yang ditangani mencapai 619.874 TEUs atau tumbuh 2,04% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.