English English Indonesian Indonesian
oleh

Solusi Transaksi Keuangan di Pulau, Warga Hemat Biaya dan Waktu

Keberadaan Agen BRILink di Kepulauan Pangkep

FAJAR, PANGKEP– Pulau merupakan wilayah daratan yang masih sangat terbatas akses layanan dasar. Termasuk, akses layanan keuangan.  Di Kepulauan Pangkep  misalnya, belum satupun perbankan yang membuka perkantoran di sana.

Selama ini, warga pulau dominan menggunakan layanan M-Banking dalam transaksi. Itupun, penggunaan terbatas. Untuk setor tunai maupun penarikan tunai, warga kerap meminta bantuan kepada warga lain yang memiliki dana cash.

Namun, sejak agen BRILink mulai masuk wilayah kepulauan, keberadaannya sangat membantu masyarakat setempat. Mereka tak perlu lagi ke kota yang jarak tempuhnya 2 jam hingga 35 jam menggunakan kapal laut.

Hanya saja, jumlah agen BRILink di wilayah kepulauan Kabupaten Pangkep masih hitung jari. Bahkan, masih ada pulau yang belum memiliki agen BRILink.

Salah seorang warga Desa Mattirobulu Pulau Karanrang Kecamatan Liukang Tupabiring, Pangkep Yuhar (35) kepada FAJAR, Jumat 14 Maret 2025, menuturkan, sejak ada agen BRILink di pulaunya, masyarakat tak perlu lagi ke kota untuk transaksi keuangan, terutama jika mau menyetor uang tunai dan menarik dana cash.

Masyarakat, kata dia, bisa lebih hemat dari segi waktu dan biaya. Sebab, kalau mau ke kota membutuhkan waktu dua jam, belum sewa kapal Rp50 ribu PP, biaya akomodasi lainnya sampai ke perbankan dan konsumsi di jalan. 

Apalagi, transaksi lewat agen BRILink sangat mudah dan prosesnya juga cepat. Tidak perlu juga antre. “Kalau untuk transaksi transfer, pembayaran, pembelian pulsa dan lain-lain, biasanya menggunakan BRImo. Tetapi kalau mau mengirim dana cash itu harus lewat bank. Jadi sejak ada agen BRILink tidak perlu lagi jauh-jauh ke kota,” jelasnya.

News Feed