“Maka kami menukar rute KM Labobar yang memiliki kapasitas 3000 pax ke rute KM Nggapulu yang hanya mampu menampung 2000 pax,” ujar Evan.
Selain kapal penumpang, satu-satunya kapal Ro-Ro milik PELNI, KM Egon, juga mengalami perombakan rute. Khusus untuk KM Egon, perubahan rute lebih mempertimbangkan faktor persaingan usaha yang cukup ketat dengan swasta di tahun lalu. (*)
Berikut rincian rute kapal penumpang PELNI yang mengalami perubahan di tahun 2025:
KM Nggapulu
Ruta Lama (2024)
Tanjung Priok – Surabaya – Makassar – Bau-Bau – Ambon – Banda – Tual – Dobo – Kaimana – Fak Fak (PP)
Rute Baru (2025)
Tanjung Priok – Surabaya – Makassar – Bau-Bau – Namlea – Ambon – Ternate – Jailolo – Bitung (PP)
KM Dobonsolo
Rute Lama (2024)
Tg Priok – Surabaya – Makassar – Bau Bau – Ambon – Sorong – Serui – Jayapura (PP)
Rute Baru (2025)
Trayek A: Tg Priok – Surabaya – Makassar – Bau Bau – Sorong- Manokwari – Biak – Jayapura (PP)
Trayek B: Tg Priok – Surabaya – Makassar – Bau Bau – Sorong- Manokwari (PP)
KM Lawit
Rute Lama (2024)
Trayek A: Tanjung Priok – Tanjung Pandan – Pontianak – Semarang – Kumai (PP)
Trayek B: Tanjung Priok – Tanjung Pandan – Pontianak – Semarang – Kumai – Surabaya – Batulicin (PP)
Rute Baru (2025)
Trayek A: Kumai – Surabaya – Sampit – Semarang – Kumai – Semarang – Karimun Jawa – Semarang – Sampit – Surabaya – Kumai
Trayek B: Kumai – Surabaya – Benoa – Bima – Waingapu – Ende – Kalabahi – Kupang – Rote –(PP)
KM Ciremai
Rute Lama (2024)
Tg Priok – Surabaya – Makassar – Bau Bau – Sorong – Manokwari – Biak – Jayapura (PP)