English English Indonesian Indonesian
oleh

Pelindo Tingkatkan Kualitas Pedagang di Kawasan Pelabuhan

FAJAR, MAKASSAR – PT Pelindo (Persero) Regional 4 Cabang Makassar terus mendorong kualitas dan tumbuh kembang para Pedagang Kaki Lima (PKL) yang ada di kawasan Pelabuhan Soekarno-Hatta.

Hal ini dilalukan melalui Program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL), dengan menggelar pelatihan Tata Kelola Usaha Pedagang Kaki Lima, yang melibatakan 84 pedagang di sana.

General Manager PT Pelindo (Persero) Cabang Makassar, Iwan Sjarifuddin mengatakan, melalui eduka ini diharapkan para pedagang bisa berbenah, juga menghapus citra kumuh mereka dalam berjualan. Sehingga, ke depannya bisa lebih rapi, bersih dan nyaman.

“Kami berharap ini bisa memberikan dampak perekonomian yang cukup penting di sekitar sini. Selama ini kan PKL yang ada di Pelabuhan Makassar ini terkesan kumuh dan apa adanya. Kami memberikan edukasi kepada mereka supaya bisa memberikan warna yang berbeda,” ujarnya kepada FAJAR, Selasa, 26 November lalu.

Lebih lanjut dia mengatakan, setelah pelatihan ini, diharapkan serambi atau ruang tunggu yang dimiliki Pelindo tidak lagi serampangan dengan hadirnya pedagang yang tidak tertib.

Selain itu, dalam berdagang juga para PKL sebisa mungkin mendapat akses untuk menggandeng UMKM, agar produknya bisa dijajakan di sana. Sehingga, bisa menjadi mata rantai ekonomi yang berkesinambungan.

“Supaya mereka bisa menjadi representase wajah Makassar. Semoga juga mereka bisa menggandeng UMKM agar produknya dijual di sini, supaya ada kontribusinya juga terhadap tumbuh kembang UMKM,” kata dia.

Kemudian, Iwan menilai bahwa Makassar selama ini dikenal sebagai kota kuliner, dengan keberagaman budayanya. Dengan begitu, PKL yang ada di sana juga sebisa mungkin turut mendongkrak image tersebut.

News Feed