English English Indonesian Indonesian
oleh

Konsisten Jaga Kualitas, Kejar Buyer dari Event ke Event

*Perjuangan  “Mak Judess” Tembus Pasar Dunia

TIDAK ada kesuksesan yang instan. Semua butuh proses yang tidak mudah.  Begitu juga dengan para pelaku UMKM yang  sudah tembus  pasar ekspor.  Mereka rata-rata merintis  dari nol.

Nurlina Arsyad, Makassar

JAM menunjukkan  pukul 12.00 Wita saat penulis tiba di salah satu hotel  berbintang lima di Jalan AP Pettarani Makassar, Rabu, 20 November 2024.  Di salah satu ballroom hotel,  sejumlah pelaku UMKM berkumpul.  Mereka memamerkan produk di booth khusus yang disiapkan.

Keikutsertaan pelaku UMKM di event bertajuk Anging Mammiri Business Fair South Sulawesi Investment Forum ini, juga salah satu strategi menggaet buyer asing.  Apalagi, kegiatan tersebut memang dihadiri pengusaha dari berbagai negara.

Penulis menghampiri seorang perempuan paruh baya yang sedang asyik bercengkrama dengan rekannya.  Ia sri Wahyuni, Owner Mak Judess. Salah satu pelaku UMKM  yang kini menjelajahi pasar ekspor.

Kepada FAJAR,  ibu dua orang anak ini bercerita, pada awal merintis usaha di 2018, ia hanya  memproduksi  abon tuna. “Awalnya sebenarnya hanya ingin memberdayakan ibu-ibu rumah tangga yang tinggal di kompleks, agar  mereka bisa meningkatkan ekonomi keluarga,” ujarnya.

Apalagi, kata dia, rata-rata kaum ibu bisa memasak dan mengerjakan hal-hal yang tidak membutuhkan keahlian khusus seperti membersihkan ikan dan memetik cabai. Pada awalnya, hanya memberdayakan dua orang ibu rumah tangga.

Namun, seiring waktu berjalan, usaha tersebut terus berkembang. Saat ini sudah memberdayakan 16 orang  ibu-ibu di rumah produksinya di CitraLand BTP Moncongloe Makassar. Bahkan, Mak Judess kini sudah memproduksi tujuh varian produk.

News Feed