“Dengan monetisasi real-time dan platform adaptif, kami menciptakan model bisnis baru yang akan mendorong pertumbuhan di berbagai sektor industri,” kata Vikram, Kamis, 7 November 2024.
Krishna Patil, Presiden Direktur Ericsson Indonesia, menambahkan bahwa sebagai pemimpin global di bidang teknologi informasi dan komunikasi (ICT), Ericsson berkomitmen mendukung Indosat dalam memperkuat layanannya dengan inovasi kelas dunia. “Implementasi DMP full-stack ini akan membantu Indosat meningkatkan pengalaman pelanggan sekaligus mendukung transisi menuju jaringan 5G,” ujar Patil.
Pencapaian ini juga mencerminkan komitmen Indosat dalam mempercepat digitalisasi nasional dengan membangun infrastruktur telekomunikasi yang tangguh dan efisien, memperkuat fondasi inklusi digital, dan memberikan masyarakat Indonesia akses terhadap konektivitas canggih di berbagai aspek kehidupan.
Sejalan dengan peluncuran DMP, Indosat dan Ericsson juga menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) di acara Innovate Asia 2024 di Bangkok. Nota ini memperkuat komitmen kedua perusahaan dalam mengembangkan inovasi berbasis Generative Artificial Intelligence (Gen AI) dan Machine Learning (AI/ML) di ekosistem DMP dan Business Support System (BSS). Langkah ini diharapkan dapat mempercepat monetisasi, mempercepat strategi time-to-market, serta menghadirkan produk berbasis AI yang mendukung pertumbuhan pendapatan.
Proyek pionir ini menunjukkan komitmen Indosat dan Ericsson dalam memperkuat digitalisasi Indonesia dengan inovasi teknologi yang membuka jalan menuju masa depan yang lebih terhubung. (edo)