English English Indonesian Indonesian
oleh

Struktur Organisasi Kementerian Rampung November 2024

FAJAR, JAKARTA — Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Rini Widyantini mengungkapkan bahwa pihaknya menargetkan penyelesaian pembahasan seluruh struktur organisasi kementerian Kabinet Merah Putih pada November 2024. Dalam rapat kerja dengan Komisi II DPR RI yang berlangsung di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rini menjelaskan bahwa langkah-langkah penataan organisasi saat ini sudah berada di meja Presiden Prabowo Subianto.

“Seluruh rancangan peraturan presiden saat ini sudah ada di meja Bapak Presiden,” ujarnya, Senin, 28 Oktober 2024.

Rini menekankan bahwa penataan organisasi kementerian dan pengisian jabatan merupakan prioritas dalam 100 hari pertama Kabinet Merah Putih. Susunan kementerian negara pada Kabinet Merah Putih untuk periode 2024–2029 mencakup total 48 kementerian. Rincian tersebut terdiri dari 7 kementerian koordinator, 19 kementerian tetap, 20 kementerian yang mengalami perubahan nomenklatur dan/atau pergeseran tugas, serta 2 kementerian yang hanya mengalami perubahan nomenklatur. Rini menegaskan,

“Target-nya pada November itu sudah selesai seluruh pembahasan struktur organisasi dan tata kerja yang tahap kedua,” ulasnya.

Menyoroti pentingnya penataan ini, Rini mengungkapkan adanya banyak pertukaran atau perpindahan fungsi di kementerian dan lembaga. Untuk itu, pemerintah telah menyusun Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 139 Tahun 2024 yang mengatur Penataan Tugas dan Fungsi Kementerian Negara Kabinet Merah Putih periode 2024-2029. Perpres ini diundangkan pada tanggal 21 Oktober 2024 dan berlaku sejak saat itu.

News Feed