English English Indonesian Indonesian
oleh

Sulsel Mulai Tanam Beras Nutrizinc Khusus Stunting dari Kementan

FAJAR, MAKASSAR — Petani di Sulsel mulai diperkenalkan beras jenis Nutrizinc. Beras jenis ini khusus untuk mencegah stunting sebagai hasil pengembangan varietas oleh litbang Kementerian Pertanian (kementan) Republik Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Holtikutura dan Perkebunan Provinsi Sulsel Imran Jausi, Sabtu, 26 Oktober, di Makassar.

Menurutnya, Sulsel sudah uji coba tanam seluas 5.250 hektare di empat kabupaten di Sulsel.

“Nanti malam benih hasil panen secara simbolis kita berikan ke perwakilan petani oleh Bapak Pj Gubernur Prof Zudan Arif Fakrulloh untuk mulai di tanam termasuk contoh berasnya,” ujar Imran Jausi.

Sabtu malam akan dilakukan pertemuan dan sekaligus ada event kontes Bonsai bertajuk “Ewako Bonsai Sulsel 2024”. Kegiatan ini akan dilaksanakan di Mal Pinisi Point Makassar.

Beras nutrizinc menjadi salah satu solusi pencegahan stunting di Sulsel, dan Indonesia pada umumnya.

Padi Inpari nutrizinc adalah varietas padi yang memiliki kandungan unsur zinc lebih tinggi daripada varietas lainnya yang sangat  membantu mengatasi problem stunting,

Padi Nutrizinc memiliki banyak kelebihan seperti; memiliki  kandungan zinc 34,5 ppm dengan kadar amilosa 16,6 persen. Zinc merupakan zat vital untuk pertumbuhan dan perkembangan organ reproduksi, serta sangat berpengaruh terhadap kekuatan sistem imun, meningkatkan daya tahan tubuh, produktivitas, dan kualitas hidup manusia. (*)

News Feed