English English Indonesian Indonesian
oleh

Unhas Rebut Gelar Juara Umum Pimnas 37 di Unair, Prof Ruslin: Kemenangan Ini Hasil Kerja Keras Seluruh Tim

FAJAR, SURABAYA-Universitas Hasanuddin (Unhas) berhasil meraih gelar juara umum dalam perhelatan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-37 Tahun 2024. Trofi juara umum diserahkan langsung oleh Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Ir. Suharti, MA, Ph.D., kepada Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas, Prof. Drg. Muhammad Ruslin, M.Kes., Ph.D., SpBM(K), pada malam penutupan dan penganugerahan yang berlangsung Jumat, 18 Oktober 2024, di Universitas Airlangga, Surabaya.

Dalam ajang bergengsi ini, Unhas berhasil meraih total 19 medali, yang terdiri dari 9 medali emas, 6 medali perak, dan 4 medali perunggu untuk kategori poster dan presentasi. Selain itu, tim Unhas juga berhasil meraih 1 gelar juara favorit pada kategori poster, serta 3 mahasiswa Unhas memperoleh penghargaan individu sebagai Mahasiswa Bertalenta.

Prof. Drg. Muhammad Ruslin, M.Kes., Ph.D., SpBM(K) menyampaikan kebanggaannya atas prestasi luar biasa ini. Sebelumnya, pada 2023, Unhas berada di peringkat ketujuh nasional, dan pada tahun 2024 berhasil meraih gelar juara umum.

“Kemenangan ini merupakan hasil kerja keras seluruh tim dan dukungan penuh dari Universitas Hasanuddin. Pencapaian ini menunjukkan bahwa mahasiswa Unhas tidak hanya memiliki kemampuan akademik yang unggul, tetapi juga kreativitas dan inovasi yang luar biasa. Kami sangat bangga dan berharap prestasi ini dapat terus memotivasi seluruh civitas akademika untuk berkontribusi lebih besar lagi di ajang nasional maupun internasional,” ungkapnya.

Pimnas ke-37 yang berlangsung di Universitas Airlangga, Surabaya, pada 14-19 Oktober 2024, diikuti oleh 528 tim dari 118 perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Dengan pencapaian ini, Unhas semakin memperkuat posisinya sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik dalam hal pengembangan kreativitas dan inovasi mahasiswa.

Pada Pimnas 37 ini, Unhas berhasil meloloskan 38 tim PKM dengan total 187 mahasiswa. Unhas telah memiliki track record yang baik di Pimnas dengan peningkatan perolehan medali dari tahun ke tahun. Tahun ini, Unhas mencapai pencapaian luar biasa dengan menyabet gelar juara umum.

Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, untuk memperlombakan karya ilmiah mahasiswa di tingkat nasional.

Berikut adalah perolehan penghargaan Tim Unhas pada Pimnas 37:

Penghargaan Mahasiswa Bertalenta: 3 orang

Kategori Poster

Medali Perunggu: 1

Medali Perak: 3

Medali Emas: 3

Juara Favorit: 1

Kategori Presentasi

Medali Perunggu: 3

Medali Perak: 3

Medali Emas: 6

News Feed