English English Indonesian Indonesian
oleh

Loloskan 12 Tim PKM, Unhas Peringkat 6 Nasional PIMNAS dan Peringkat Pertama Se-Sulawesi

FAJAR, MAKASSAR-Unhas memperoleh peringkat 6 secara nasional yang meloloskan 12 proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS). Hal itu berdasarkan hasil evaluasi proposal PKM dan penilaian Penilaian Kemajuan Pelaksanaan PKM (PKP2) tahun 2022 secara daring. Hasil itu memutuskan tim yang lolos menjadi peserta PIMNAS ke-35.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas, Prof drg Muhammad Ruslin mengatakan, sebuah kesyukuran tahun ini kita menempati peringkat 6 nasional jumlah proposal yang lolos untuk melaju ke PIMNAS ke-35. Tahun 2021 Unhas meloloskan 26 proposal dan menempati peringkat 7 nasional.

Kata dia, tahun ini terlihat semua kampus turun dari segi proposal yang lolos PIMNAS, UGM yang pada tahun 2021 meloloskan 66 proposal, tahun ini 47 proposal dan tetap menjadi peringkat pertama nasional terbanyak meloloskan proposal PKM.

“Jadi secara jumlah kita turun, namun peringkat nasional kita naik. Ini menjadi catatan penting untuk kami di bidang akademik dan kemahasiswaan untuk berbenah dan mempersiapkan agar tahun depan semakin meningkat lagi, baik secara jumlah proposal yang lolos, maupun peringkat nasional,” tuturnya saat dihubungi via whatsapp karena sedang berada di Dili, Timor Leste mengikuti kegiatan “2022 Indonesian Education Fair” yang dilaksanakan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia.

Direktur Kemahasiswaan dan Penyiapan Karier Unhas, Abdullah Sanusi mengatakan, setelah pengumuman ini pihak segera melakukan koordinasi ke pimpinan Universitas melaporkan hasil seleksi proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang lolos tahun ini.

“Secara nasional Unhas berada pada peringkat 6 dan peringkat 1 perguruan tinggi se-Sulawesi yang meloloskan tim PKM berkompetisi pada PIMNAS ke-35,” jelasnya.

Sebaran tim PKM yang dinyatakan lolos ke PIMNAS dari Unhas, Fakultas Farmasi 3 tim, Fakultas Ekonomi dan Bisnis 2 tim (Dept Manajemen), Fakultas Kedokteran Gigi 1 tim, Fakultas Ilmu Budaya 1 tim (Dept. Sastra Daerah).

Kemudian, Fakultas Hukum 1 tim (Dept Ilmu Hukum), Fakultas Kedokteran 1 tim (Prodi Psikologi), Fakultas Teknik 1 tim (Teknik PWK), Fakuktas Pertanian 1 tim (Prodi Agroteknologi) dan Fakultas Keperawatan 1 tim (Prodi Fisioterapi).
“Jadi total ada 12 tim,” ungkapnya.

Untuk persiapan menuju PIMNAS kami dan tim kelompok kerja (pokja) PKM akan mempersiapkan keikutsertaan tim Unhas dengan matang. Kegiatan diselenggarakan pada tanggal 30 November 2022 hingga 4 Desember 2022 di Universitas Muhammadiyah Malang sebagai tuan rumah penyelengara PIMNAS ke-35.

Lanjut dia, melihat jadwal pelaksanaan, tanggal 30 November akan dilaksanakan rapat teknis PIMNAS dan pembukaan. Pada tanggal 1 Desember sudah mulai berkompetisi.

“Di sini para peserta mulai mempresentasikan proposal mereka dihadapan juri PIMNAS,” katanya.

Agenda tanggal 2 Desember penjurian poster dan 3 Desember, Kuliah Umum mahasiswa peserta PIMNAS. “Di hari ini juga ada rapat koordinasi nasional pimpinan PT bidang kemahasiswaan dan malamnya akan berlansung pengumuman juara sekaligus penutupan PIMNAS ke-35,” tuturnya.

Ketua Pokja PKM Unhas, Suhasman mengatakan, sebelum keberangkatan dari tim Pokja PKM akan membuat pertemuan untuk mempersiapan tim menuju PIMNAS. Hal ini agar tim Unhas lebih mantap mengikuti ajang ini.

“Kami akan melakukan pendampingan kepada peserta yang dinyatakan lolos mengikuti PIMNAS,” ungkapnya.

Pokja PKM Unhas kata dia, juga sudah dihubungi oleh Direktur Kemahasiswaan Unhas untuk segera mengadakan rapat persiapan, membuat timeline ke depannya, dan segera mengumpulkan para mahasiswa yang lolos proposal PKMnya dan masing-masing dosen pendamping tim.

Apalagi, para peserta harus menyusun dan mengunggah poster, luaran berupa artikel ilmiah atau video mulai tanggal 1 s.d. 26 November 2022 pukul 23.59 WIB. “Dan itu sudah harus tervalidasi oleh dosen pembimbing proposal mereka. Jangan sampai karena ada kesalahan administrasi dan tim kita dinyatakan gugur dan tidak bisa ikut berkompetisi di PIMNAS,” paparnya. (*/ham)

News Feed