English English Indonesian Indonesian
oleh

Dubes RI Kairo Apresiasi Budidaya Udang Vaname di Sulawesi Tengah

FAJAR, PARIGI, Duta Besar Republik Indonesia untuk Mesir, Dr. Lutfi Rauf, bersama tim dari Kedutaan Besar RI di Kairo, melakukan kunjungan ke tambak budidaya udang vaname yang dikelola oleh PT. Esaputlii Prakarsa Utama (EPU) di Desa Donggulu dan Donggulu Selatan, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah. Kunjungan ini didampingi oleh Atase Perdagangan KBRI Kairo, M. Syahran Bhakti, Pelaksana Fungsi Ekonomi Rifki Rustam Arsyad, serta sejumlah staf dari KBRI.

Dalam kunjungan tersebut, rombongan disambut oleh Direktur Utama PT. EPU, H. Ahmad Bhakty Baramuli, MBA, yang didampingi oleh Kepala Cabang PT. EPU Parigi Moutong, Efendi Batjo, serta beberapa pejabat perusahaan lainnya. Ahmad Bhakty menjelaskan bahwa PT. EPU memiliki visi untuk mewujudkan industri perikanan budidaya yang terintegrasi, modern, dan terkemuka di Indonesia, dengan fokus pada produksi udang vaname. Tambak udang seluas 245,96 hektar di Parigi Moutong dan Toli-Toli diharapkan mampu menghasilkan 12.400 ton udang per tahun, dengan tiga kali panen setiap tahunnya.

Produksi udang ini ditujukan untuk memenuhi permintaan domestik sekaligus pasar ekspor, termasuk Amerika Serikat, Tiongkok, Jepang, Australia, Uni Eropa, serta negara-negara di Asia dan Timur Tengah. Ahmad Bhakty juga membuka peluang investasi bagi investor dari Timur Tengah untuk berinvestasi dalam pengembangan tambak di Tanjung Santigi, Kabupaten Toli-Toli, dan pembangunan cold storage di Kabupaten Donggala, dengan nilai investasi di atas Rp400 miliar.

Rifki Rustam Arsyad, selaku Pelaksana Fungsi Ekonomi KBRI Kairo, turut mendukung promosi investasi ini, dan mengajak PT. EPU untuk berpartisipasi dalam acara promosi investasi di Mesir yang akan digelar pada November 2024, bekerja sama dengan Kementerian Investasi RI dan IIPC Abu Dhabi.

News Feed