English English Indonesian Indonesian
oleh

Pilkada 2024, Lembaga Survei Baiknya Sediakan Data dan Fakta yang Autentik

“Unhas tidak hanya menjadi penonton dalam proses politik, tetapi turut memberikan kontribusi nyata. Dengan kerja sama antara Unhas dan lembaga-lembaga seperti Bawaslu, kita telah membangun literasi politik bagi mahasiswa untuk menciptakan pemahaman yang lebih baik tentang proses demokrasi,” ungkapnya. Prof. Suharman juga menekankan pentingnya riset sebagai landasan bagi literasi politik dan keterlibatan mahasiswa dalam proses demokrasi yang sehat.

Ketua KPU Sulsel, Hasbullah, menyampaikan apresiasi atas kerja sama antara KPU dan universitas. Menurutnya, kolaborasi ini sudah terjalin melalui berbagai program seperti KKN dan magang dalam tahapan pemilu.

“Kolaborasi yang maksimal dari semua pihak sangat penting agar setiap tahapan pemilu berjalan dengan baik. Melalui tema Pilkada 2024 dan tagline #PilkadaUntukKita, kami mengajak semua unsur masyarakat untuk turut bertanggung jawab menjaga kelancaran dan integritas proses demokrasi ini,” ujar Hasbullah.

Seminar Nasional ini secara resmi dibuka oleh Sekretaris Universitas Unhas, Prof Sumbangan Baja. Dalam sambutannya, ia menekankan bahwa dinamika Pilkada yang semakin kompleks telah mendorong tumbuhnya lembaga survei.

“Kita berharap melalui diskusi ini akan lahir rekomendasi kebijakan yang tepat untuk mengoptimalkan peran lembaga survei, sehingga dapat bersinergi dengan seluruh elemen masyarakat dalam mewujudkan politik yang bersih dan demokratis,” jelasnya.

Dia juga menyoroti pentingnya menegakkan supremasi hukum dalam setiap proses demokrasi. “Demokrasi harus berjalan dalam bingkai supremasi hukum yang ditegakkan, namun kita juga harus berhati-hati agar tidak melampaui batas hingga justru merusak demokrasi itu sendiri,” tambahnya. Unhas terus beradaptasi dengan perubahan dan dinamika politik yang terjadi, terutama dalam menghadapi Pilkada yang berlangsung di Sulawesi Selatan. (*/ham)

News Feed