English English Indonesian Indonesian
oleh

Operasi Zebra Sasar ODOL dan Pengguna Ponsel Sambil Berkendara

BONE, FAJAR – Kendaraan Over Load Over Dimension (ODOL) masih marak ditemukan di wilayah Kota Watampone. Ini menjadi salah satu fokus Operasi Zebra Pallawa yang digelar Polres Bone.

Kendaraan ODOL seyogianya menjadi salah satu penyebab banyaknya kerusakan jalan di wilayah Bone. Operasi diharapkan membuat masyarakat lebih tertib, utamanya para pengemudi truk ODOL.

“Jadi penertiban juga menyasar kendaraan bermotor over load dan over dimensi,” ucap Kasat Lantas Polres Bone AKP Asep Wahyudi, Rabu, 16 Oktober.

ODOL juga kerap melakukan bongkat muat di wilayah perkotaan yang dianggap melanggar peraturan daerah (Perda).

Selain ODOL, petugas menjaring sejumlah pelanggaran lain, seperti tidak menggunakan helm, berboncengan lebih dari satu orang, berkendara di bawah umur, dan penggunaan ponsel saat berkendara.

“Kemudian melawan arus, menggunakan lampu trobo atau sirine. Selain itu penggunaan TNKB tidak sesuai spektek atau plat gantung,” ujarnya.

Selain penertiban di jalan, Polres Bone juga mengenalkan kesadaran lalin ke anak usia dini lewat program Polisi Sahabat Anak (Polsanak). Kegiatan ini digelar di TK Kemala Bhayangkari Watampone di Mapolres Bone.

Kapolres Bone AKBP Erwin Syah mengatakan anak anak dikenalkan dengan rambu dan aturan dasar berlalu lintas sehingga nantinya mereka akan memiliki rasa tertib dan disiplin dalam berlalu lintas di jalan raya.

“Pengetahuan lalu lintas ini memang harus dikenalkan sejak usia dini, agar kelak mereka dapat paham dan mengerti tata cara dalam berlalu lintas, sehingga menciptakan generasi-generasi yang disiplin dan patuh dalam berlalu lintas,” ujarnya. (an/zuk)

News Feed