English English Indonesian Indonesian
oleh

Kemitraan MPI Percepat Transformasi Pendidikan Indonesia

FAJAR, JAKARTA – Dalam upaya mempercepat peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia, Mitra Pendidikan Indonesia (MPI) yang berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) serta Kementerian Agama (Kemenag) kembali menggelar Annual Joint Sector Review (AJSR) pada 16-17 Oktober 2024 di Jakarta. Kegiatan ini melibatkan berbagai pemangku kepentingan, termasuk lembaga pemerintah, mitra pembangunan, organisasi masyarakat, guru, pimpinan sekolah, serta sektor swasta.

AJSR 2024 menjadi ajang penting bagi Indonesia untuk memperkuat ekosistem pendidikan dengan menyoroti beberapa aspek kunci seperti penggunaan data dan bukti, kebijakan yang responsif gender, koordinasi lintas sektor, kesetaraan, serta efisiensi pembiayaan pendidikan. Pertemuan ini juga menjadi momen untuk mengukur implementasi dokumen Partnership Compact (PC) Indonesia yang diterbitkan di laman Global Partnership for Education (GPE).

Kepala Pusat Standar dan Kebijakan Pendidikan, Irsyad Zamjani, mengapresiasi AJSR 2024 sebagai kesempatan penting untuk berkolaborasi dan mempercepat kebijakan pendidikan. “Forum ini diharapkan menjadi katalis dalam percepatan kebijakan pendidikan di Indonesia, baik saat ini maupun di masa mendatang,” ujar Irsyad, Kamis, 17 Oktober 2024.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian, menekankan pentingnya forum AJSR sebagai ruang untuk mengidentifikasi kemajuan dan tantangan di sektor pendidikan. “Masukan dari forum ini akan menjadi bahan pertimbangan penting bagi kebijakan pendidikan di masa depan,” katanya.

News Feed