English English Indonesian Indonesian
oleh

Tingkatkan Kapabalitas di Awal Masa Jabatan, Anggota DPRD Sidrap Timba Ilmu Dalam Kegiatan Orientasi

FAJAR, MAKASSAR — Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sulsel berkolaborasi dengan Sekretariat DPRD Sidrap menyelenggarakan kegiatan orientasi untuk Anggota DPRD Sidrap masa jabatan 2024-2029.

Kegiatan ini menjadi penting karena hanya dilakukan sekali dalam satu masa jabatan anggota DPRD yang baru dilantik.

Orientasi ini sebagai proses pengenalan fungsi, tugas, dan wewenang anggota DPRD Sidrap sebagai unsur lembaga legislatif di Kabupaten Sidrap.

Kegiatan ini diikuti seluruh Anggota DPRD Kabupaten Sidrap masa jabatan 2024-2029 yang berlangsung selama 7-11 Oktober 2024 di Hotel Aryaduta Makassar.

Penjabat (Pj) Bupati Sidrap, H Basrah menekankan bahwa kegiatan ini penting untuk membekali mereka dengan pemahaman mendalam terkait tugas pokok dan fungsi DPRD.

Basrah menganggap bahwa anggota DPRD Sidrap dalam menyerap dan memperjuangkan aspirasi masyarakat sangat bergantung pada kapabilitas dan integritas yang dimiliki sejak awal masa jabatan.

“Orientasi ini merupakan momen penting bagi para anggota dewan untuk memahami lebih jauh peran mereka sebagai wakil rakyat,” katanya.

Sekretaris DPRD Sidrap, Andi Muh Faisal mengatakan, bahwa selama lima hari kegiatan, anggota DPRD Sidrap menerima berbagai materi terkait pemerintahan dan kelegislatifan.

Sementara itu, Sekprov Sulsel, Jufri Rahman berpesan kepada para anggota DPRD Sidrap untuk dapat menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai wakil rakyat untuk membela kepentingan rakyat.

“Menjadi anggota DPRD bukan karena hebatnya bapak waktu kampanye. Tapi, memang Allah menakdirkan untuk duduk di tempat terhormat ini. Karena itu, untuk mewujudkan rasa syukurnya kita kepada rahmat Allah, tugas utama bapak adalah menjalankan ini dengan cara membela kepentingan rakyat. Memang kelihatan teoritis, klise, tapi itu petunjuk agama kita,” ucapnya.

News Feed