English English Indonesian Indonesian
oleh

Indonesia Jadi Hub Asia Tenggara dan Mitra Strategis Australia dalam Perdagangan

FAJAR, MAKASSAR — Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang stabil dan terus meningkat menjadikan negara ini sebagai mitra dagang serta investasi yang semakin menarik di mata dunia. Australia, sebagai salah satu negara mitra utama, memandang Indonesia sebagai pusat strategis di Asia Tenggara sekaligus pintu gerbang menuju pasar Asia lainnya.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga dalam Forum Bisnis Indonesia-Australia yang berlangsung di Tangerang, Banten, Sabtu, 12 Oktober 2024. Acara dengan tema “The Best of Indonesia and Australia: Navigating Australia Biosecurity Import Regulations” ini dihadiri oleh sekitar 150 peserta yang terdiri dari pelaku usaha, akademisi, dan perwakilan kementerian/lembaga terkait. Forum ini juga diselenggarakan bersamaan dengan gelaran Trade Expo Indonesia (TEI) ke-39 pada 9-12 Oktober 2024.

“Dengan kondisi ekonomi Indonesia yang terus membaik, Indonesia bagi Australia adalah hub strategis di Asia Tenggara dan pintu utama untuk mengakses pasar Asia. Sementara itu, Australia bagi Indonesia memiliki posisi sebagai pintu gerbang ke kawasan Pasifik yang lebih luas,” ujar Wamendag Jerry.

Jerry juga menekankan bahwa Australia telah lama menjadi mitra dagang penting bagi Indonesia. Hubungan kedua negara semakin kuat dengan adanya perjanjian Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA), yang diyakini akan membuka banyak peluang perdagangan serta meningkatkan kemakmuran bagi kedua negara.

“Melalui forum bisnis ini, saya mengajak para pelaku bisnis Australia untuk melihat dan memanfaatkan peluang bisnis di Indonesia serta memaksimalkan implementasi IA-CEPA,” ujarnya.

News Feed