English English Indonesian Indonesian
oleh

Mantan Ketua Golkar Maros beberkan Prestasi dan Kinerja Pemerintahan Era Chaidir Syam

MAROS, FAJAR – Mantan Ketua DPRD Maros, Patarai Amir menjawab tudingan sejumlah pihak yang menyebut era pemerintahan Chaidir Syam dan Suhartina Bohari tak punya prestasi pembangunan. Ia menyebut pernyataan itu sangat keliru dan tak beralasan.

Patarai yang kini berstatus sebagai Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan mengatakan, selama tiga tahun kepemimpinan Chaidir Syam, pemerintah Kabupaten Maros telah menggelontorkan ratusan miliar rupiah khusus untuk infrastruktur, mulai dari jalan, jembatan hingga fasilitas kesehatan.

“Saya tiap tahunnya ikut menandatangani setiap anggaran yang digelontorkan untuk infrastruktur yang jumlahnya tidak sedikit dan persentasinya sama dengan pemerintahan sebelumnya. Jadi sangat keliru kalau dikatakan tidak ada pembangunan,” katanya, Sabtu (12/10/2024).

Lebih lanjut, mantan ketua Golkar Maros itu menjelaskan, Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Maros tahun 2020 di akhir era Hatta Rahman itu mencapai Rp 1,6 Triliun. Lalu di tahun berikutnya, mengalami penurunan drastis sebesar Rp 1,4 triliun karena adanya pandemi Covid.

Meski kondisi ekonomi kala itu sedang karut marut, namun Chaidir Syam tidak pernah mengurangi anggaran belanja modal. Tahun 2021, belanja modal yang digunakan Pemerintah untuk pembanguan infrastruktur mencapai Rp 375 miliar.

“Jadi sebelum Covid, APBD kita di akhir era pak Hatta itu jumlahnya Rp 1,6 triliun. Nah pas covid banyak anggaran yang dipotong sehingga APBD kita itu sangat jauh berkurang di tahun 2021 menjadi Rp 1,4 trilun. Jadi memang kondisi keuangan kita yang terbatas kala itu,” terangnya.

News Feed