English English Indonesian Indonesian
oleh

Dukung Pengendalian Iklim, MDA Bersama DLH Luwu Sosialisasi Proklim di Latimojong

FAJAR, MAKASSAR— PT Masmindo Dwi Area (MDA) bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Luwu, mengadakan Sosialisasi Program Kampung Iklim (Proklim).

Kali ini diadakan di dua desa, Kecamatan Latimojong, yakni Desa Boneposi dan Desa Tolajuk. Dimulai sejak 4 Oktober 2024 lalu.

Proklim merupakan program yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) sebagai bentuk komitmen serta kontribusi terhadap upaya pengendalian perubahan iklim global yang terus meningkat.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya dalam memperkuat kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim serta menurunkan emisi gas rumah kaca.

Sekretaris DLH Kabupaten Luwu, Supriadi
menyampaikan bahwa desa-desa di Kabupaten Luwu memiliki potensi besar untuk dijadikan desa Proklim. Hingga saat ini, lima desa di Kabupaten Luwu telah melaksanakan Proklim dan masih dalam pembinaan DLH Luwu.

“Selain mengedukasi masyarakat terkait mitigasi dan adaptasi terhadap lingkungan, Proklim juga menawarkan banyak manfaat lainnya,” ucapnya.

Dengan kehadiran Proklim yang diinisiasi oleh MDA di Kecamatan Latimojong, mereka berharap dalam 1-2 tahun ke depan dapat terjadi perubahan positif pada kondisi ekonomi masyarakat sekitar.

Belakangan ini, dampak perubahan iklim semakin dirasakan oleh masyarakat, baik dalam kegiatan ekonomi yang sebagian besar berbasis pertanian maupun melalui fenomena bencana alam yang dipicu oleh perubahan iklim.

Kepala Teknik Tambang (KTT) MDA, Mustafa Ibrahim menyampaikan bahwa sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai rencana pelaksanaan dan implementasi Proklim.

News Feed