English English Indonesian Indonesian
oleh

Berhasil Turunkan Angka Pengangguran di Maros, Chaidir Syam Siapkan Program Keberlanjutan

MAROS, FAJAR – Disela-sela kampanye di beberapa titik di kecamatan Camba, calon Bupati Maros nomor urut 2, Chaidir Syam membeberkan capaian kinerjanya dalam hal pengurangan tingkat pengangguran selama menjabat di periode awal bersama Suhartina Bohari.

Ia menyebut, di akhir masa pemerintahan Hatta Rahman, yakni tahun 2020 hingga 2021, angka pengangguran di Maros kala itu sangat tinggi dan mencapai angka 6,30 persen. Di masa pemerintahannya, terus menurun hingga saat ini di angka 3,64 persen.

“Kita tidak bisa pungkiri, adanya pandemi covid membuat semua sektor ekonomi kita lumpuh dan tentunya berakibat pada tingginya angka pengangguran. Termasuk di Maros ini, awal saya menjabat itu sangat tinggi,” kata Chaidir, Jumat (11/10/2024).

Lebih rinci, Chaidir mengungkapkan, tingkat pengangguran terus menurun selama periodenya. Mulai dari 6,30 persen di tahun 2021, turun di tahun 2022 menjadi 5,04 persen hingga akhirnya mencapai titik terendahnya di 3,64 persen di tahun 2023.

“Jadi ini berdasarkan data BPS. Tahun 2022 kita sudah berhasil menurunkannya menjadi 5,04 persen. Di tahun 2023, itu diangka 3,64 persen dan jauh lebih rendah dari persentase provinsi dan Nasional,” ungkapnya.

Chaidir menyebut, penurunan angka pengangguran di Maros itu juga ditopang dengan fasilitas pelayanan dan akses kemudahan bagi pelaku usaha khususnya UMKM yang secara signifikan menciptakan peluang kerja di tengah masyarakat.

Selain itu, keberhasilan pemerintah dalam mendongkrak laju pertumbuhan ekonomi dari yang awalnya minus 10,87 persen tembus ke 9,13 persen, membuat gairah pelaku usaha kembali menggeliat.

News Feed