English English Indonesian Indonesian
oleh

Melalui ICMaD 2024, PIP Makassar Rumuskan Dunia Pelayaran Ramah Lingkungan

Ia juga menambahkan bahwa sektor maritim diatur oleh serangkaian peraturan internasional, nasional, dan lokal yang kompleks. Organisasi Maritim Internasional (IMO) menetapkan pedoman pengurangan emisi, penerapan dan penegakan peraturan ini dapat sangat bervariasi antar negara. Karenanya, dengan adanya diskusi dapat fokus pada praktik berkelanjutan yang menjamin kesehatan laut sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi.

Ahmad juga menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada panitia penyelenggara, pembicara, dan relawan yang telah bekerja tanpa kenal lelah hingga terlaksananya acara ini. Menurutnya upaya ini sangat berharga dalam menciptakan lingkungan yang kondusif untuk pembelajaran dan inovasi. Dan konferensi ini menjadi ajak untuk berbagi wawasan, mendorong kolaborasi, dan mengatasi tantangan yang dihadapi lautan dan perairan Indonesia yang sangat luas.

“Sebagai penutup, mari kita memulai perjalanan ini bersama-sama, terinspirasi oleh potensi perubahan positif dalam pembangunan maritim. Saya menantikan diskusi menarik dan kolaborasi yang bermanfaat dalam beberapa hari mendatang,” katanya.

Tantangan Dunia Pelayaran
Sementara itu, Direktur PIP Makassar, Capt Rudy Susanto mengatakan bahwa konferensi maritim Internasional bertujuan untuk membahas tantangan dalam pengembangan pelayaran yang ramah lingkungan serta efisiensi energi berkelanjutan. Dimana semua itu merupakan langkah penting menuju pencapaian industri maritim yang lebih berkelanjutan dalam permasalahan ekonomi dan geopolitik saat ini.

News Feed