English English Indonesian Indonesian
oleh

Tiga Dosen UT Makassar Terbitkan Buku Desain dan Konten Mengenal PHP Framework


MAKASSAR, FAJAR–Tiga dosen Universitas Terbuka (UT) Makassar, Dr.M.Arifin Zaidin, M.Pd., Drs. Hasanuddin, M.Pd, dan Dra.Kusmaladewi, M.Pd., kembali menerbitkan buku. Judulnya, Desain dan Konten Mengenal PHP Framework.
Buku setebal 74 halaman ini secara resmi diluncurkan Jumat 4 November 2022 di kantor UT Makassar, Jl Monginsidi Baru Makassar.
Peluncuran secara sederhana ini turut hadir Direktur UT Makassar, Drs.Hasanuddin, M.Si., Pj.Marketing, Kerjasama, Sosprom, Humas dan Alumni, Prof Dr H.Abd Rahman Rahim, SE,MM; Manajer Bantuan Belajar dan Bahan Ajar UPBJJ UT Makassar, Dra.Kurmaladewi, M.Pd., Kabag Tata Usaha UT Makassar, Syafruddin, SE. , serta para dosen dan pegawai UT.
Direktur UT Makassar, Drs.Hasanuddin, M.Si pada sambutan singkat peluncuran buku ini mengatakan, karya dosen UT Makassar kali ini merupakan suatu kebanggaan dan berharap para dosen UT Makassar lainnya akan lebih bersemangat untuk menulis dan menerbitkan buku.
“Semoga Pak Arifin terus berkarya menerbitkan lagi buku buku lainnya,” katanya.
Usai peluncuran salah seorang penulis buku, Dr Arifin Zaidin mengatakan, Hypertext Preprocessor (PHP), merupakan bahasa pemrograman script server-side yang didesain untuk pengembangan Web.
Buku ini mengupas tentang apa dan bagaiman PHP Framework dan implementasi materi ke dalam Massive Open Online Course (MOOCs). Lewat MOOCs merupakan pembelajaran online terbuka secara massif untuk mendukung kepemilikan keterampilan literasi.
Implementasi program ini, merupakan learning management system yang dirancang memiliki keterbukaan untuk semua kalangan melayani partisipan tanpa batas dan terbuka akses melalui situs web.
Selain itu PHP bersifat open source yang berarti dapat digunakan oleh siapa saja secara gratis. Pada sisi pengembangan lebih mudah, karena banyaknya milis-milis, komunitas dan develover yang siap membantu dalam pengembangan.
Sedangkan sisi kekurangan menurut Arifin Zaidin, PHP tidak mengenal package, jika tidak di-encoding, maka kode PHP dapat dibaca semua orang dan tidak meng-encoding-nya dibutuhkan tool dari zend yang mahal biayanya.
“PHP memiliki kelemahan keamanan jadi programer harus jeli dan berhati-hati dalam melakukan pemrograman dan konfigurasi PHP,” katanya.
Buku ini diterbitkan oleh De La Macca Makassar, cetakan pertama Oktober 2022 dengan No ISBN, 978 602 263 205 4. Editor buku ini adalah, Suci Ramadhani Arifin, SR, M.Eng dan Muhammad Yusril Yusuf, S.Kom. (rls)

News Feed