English English Indonesian Indonesian
oleh

Tekstur Kenyal, Hadir dengan Isian Buah

FAJAR, MAKASSAR— Para pecinta dessert saat ini tengah dimanjakan dengan viralnya kue mochi. Makanan manis dari Jepang yang terbuat dari beras ketan tersebut. Memang terlihat sederhana, nmun kini mochi sudah dibuat lebih bervariasi dengan isianya.

Jika dahulu hanya diisi coklat atau keju, kini mochi sudah memiliki ragam rasa yakni rasa buah-buahan. Di Makassar, varian mochi bisa dijumpai setiap hari salah satunya di Jalan Tidung, Kassi-kassi.

Salah Seorang Pembuat dan Penjual Kue Mochi, Ayi Dara mengatakan dirinya menjajakan kue mochi yang diberi nama Mochi Nakama. Mochi yang ia jual tersebut memiliki aneka ragam isian.

Mulai dari rasa buah-buahan seperti stroberi, mangga, pisang dan durian. Ada juga rasa matcha, red velved dan oreo.
Ayi menjelaskan jika ada banyak sekali jenis dan varian mochi, baik secara bentuk maupun isiannya, salah satunya adalah mochi isi stroberi atau daifuku mochi dengan varian stroberi.

Selain isiannya stroberi, juga memberikan topping atau atasan dengan buah strawberry asli.
“Mochi ini lebih enak dinikmati ketika dingin. Bahkan bisa menjadi es kue mochi jika dimasukkan dalam freezer,” ucapnya.

Ayi juga mengatakan sehari ia bisa membuat sebanyak 500 buah mochi. Kendati demikian, ketika mereka membuatnya di pagi hari, harus cepat dihabiskan. Sebab, normalnya mochi hanya bisa bertahan sampai 12 jam.

Pembuat Mochi Lainnya, Raden menjelaskan jika untuk membuat mochi, dimulai dari adonan mochi dengan mencampurkan tepung ketan, tepung terigu, garam dan santan. Aduk-aduk sampai rata.

News Feed