English English Indonesian Indonesian
oleh

Demi Swasembada, Kementerian Pertahanan Buka Satu Juta Hektare Lahan Pertanian di Merauke

FAJAR, JAKARTA–Kementerian Pertahanan (Kemhan) terus berusaha membantu memperkuat ketahanan pangan nasional dan mendukung program swasembada pangan yang diusung oleh Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto.

Program mereka mencakup pembukaan satu juta hektare lahan pertanian sebagai langkah menuju swasembada pangan nasional.

Wakil Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Wamenhan) RI, M. Herindra, menekankan pentingnya ketahanan pangan sebagai komponen strategis dalam upaya mempertahankan kedaulatan negara. Ia juga menyoroti potensi besar yang dimiliki Indonesia, dengan wilayah yang luas, meskipun luas lahan sawah semakin menyusut.

Makanya, Kemhan mengambil langkah inisiatif dengan membuka lahan pertanian seluas satu juta hektare di Kabupaten Merauke sebagai bagian dari langkah awal menuju kemandirian pangan nasional.

“Indonesia memiliki wilayah yang luas dan subur, namun lahan pertanian kita semakin berkurang. Kami telah memulai langkah besar ini dengan membuka satu juta hektare lahan di Merauke untuk mendukung ketahanan pangan nasional,” ujar M. Herindra dikutip dari Info Publik.

Program ini merupakan tantangan besar yang membutuhkan sinergi dari berbagai pihak. Wamenhan berharap melalui koordinasi yang konstruktif, program ini dapat terealisasi secara efektif dan cepat, sesuai visi bersama untuk mewujudkan Indonesia yang mandiri dalam sektor pangan.

Pada awal pekan kemarin, Wamenhan M. Herindra memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) terkait pengembangan ketahanan pangan di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Selatan di Hotel Mulia, Jakarta.

News Feed