English English Indonesian Indonesian
oleh

Ratusan Kucing-Anjing Divaksin Gratis

MAROS, FAJAR – Ratusan hewan peliharaan mendapat pelayanan kesehatan hewan gratis dan pemberian vaksinasi rabies di Hutan Kota, Maros, Minggu, 6 Oktober.

Vaksinasi gratis ini diprakarsai oleh Balai Besar Veteriner (BBVet) Maros bekerja sama dengan UPTD Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Maros.

Kegiatan dilaksanakan dalam rangka merayakan Hari Rabies sedunia. Antusiasme masyarakat menyambut vaksinasi dan pemeriksaan gratis hewan ini cukup tinggi. Bahkan, tercatat sudah ada 200 pemilik hewan yang mendaftar untuk mendapatkan pelayanan kesehatan gratis.

“Kami tidak membatasi, masyarakat bebas datang dan mendapatkan pemeriksaan dan vaksinasi rabies untuk hewan peliharaannya,” jelas Kepala BBVet Maros, Agustia.

Ada beberapa pemeriksaan yang dilakukan, mulai dari degup, pemeriksaan lambung dan parasit melalui mikroskop. Kalau ada hewan yang sakit akan langsung ditindaki.

“Sementara untuk mendapatkan vaksin rabies, syaratnya hanya dua, yakni sehat dan tidak hamil,” katanya.

Idealnya hewan penular rabies, yakni kucing, anjing, dan monyet harus mendapatkan vaksin setahun sekali.

“Hewan yang terlanjur terkena rabies maka dalam 14 hari akan mati, makanya diharapkan dengan adanya kegiatan ini mampu menekan rabies di Kabupaten Maros,” jelas Agustia.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Maros, Fadli menyebutkan dalam kegiatan ini juga dilakukan pemberian obat cacing dan vitamin terhadap hewan.

Bagi masyarakat yang tak sempat hadir, masih tetap bisa mendapatkan vaksin gratis di Puskeswan dan Kantor BBVet Maros.

News Feed