English English Indonesian Indonesian
oleh

INTI Sulsel-DJP KPP Pratama Makassar Utara Dorong UMKM Go International

Sementara itu, Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Makassar Utara, Budi Harjanto, mengatakan, bahwa kegiatan ini sebenarnya program Business Development Service (BDS) yang Seminar Bisnis UMKM Go Internasional dengan menggandeng INTI.

Dia menjelaskan bahwa, seminar ini salah satu tujuannya memberikan wawasan kepada masyarakat, khususnya pengusaha yang tergabung dalam Perhimpuan INTI, terkait pengembangan usaha agar dapat menembus pasar internasional.

Menurut Budi Harjanto, seminar ini penting karena memberikan panduan bagi pelaku UMKM untuk memahami strategi memperluas pasar hingga skala global dari narasumber terpercaya.

Seminar ini juga membagikan informasi krusial terkait proses ekspor dan distribusi produk, termasuk kerja sama dengan lembaga seperti Kantor Pos.

Dalam acara ini, Budi juga menyoroti pelaksanaan Core Tax System yang akan mulai diberlakukan pada 1 Januari 2025. Saat ini, sistem tersebut tengah dalam tahap persiapan dan pengenalan. “Jadi ini juga sekaligus sosialisasi,” katanya.

“Harapan kami, kegiatan ini dapat membantu masyarakat, khususnya wajib pajak, untuk memahami cara mengembangkan usaha mereka. Dengan begitu, dampaknya juga akan terasa pada kontribusi perpajakan yang lebih baik,” jelas Budi Harjanto.

Seminar ini juga menghadirkan pembicara dari Beacukai dan PT Pos Indonesia. Mereka berbagi informasi terkait kemudahan UMKM untuk bisa tembus pasar Internasional.

Kepala Seksi Bimbingan Kepatuhan dan Humas Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Sulawesi Bagian Selatan (Sulbagsel), Cahya Nugraha, menyatakan komitmennya dalam mendorong UMKM untuk memperluas pasar melalui ekspor.

News Feed